PENGARUH INTENSITAS MENONTON KONTEN YOUTUBE SATUPERSEN TERHADAP PERILAKU SEHAT MENTAL SUBSCRIBER

PUTRA, I PUTU AGUNG MEGA (2023) PENGARUH INTENSITAS MENONTON KONTEN YOUTUBE SATUPERSEN TERHADAP PERILAKU SEHAT MENTAL SUBSCRIBER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (I PUTU AGUNG MEGA PUTRA)
190907024 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907024 - 1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907024 - 2.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text
190907024 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
190907024 - 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton konten youtube satu persen terhadap perilaku sehat mental subscribersnya. Jadi yang dilihat adalah efek yang ditimbulkan oleh channel youtube satu persen terhadap subscribersnya. Satu Persen Life School adalah channel youtube yang berbagi pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan mental health dan self development. Dalam penelitian ini perilaku sehat mental dilihat dari frekuensi tindakan sehat mental yang dilakukan oleh seseorang. Tindakan sehat mental adalah tindakan yang dapat membuat mental lebih sehat menurut Satu Persen Life School. Peneliti menggunakan teori S-O-R dan efek media dengan 3 jenis variabel yaitu Intensitas Menonton (X1) sebagai variabel bebas, Pengetahuan Sehat Mental (X2) sebagai vairabel antara, dan Perilaku Sehat Mental (Y) sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan online kuesioner sebagai alat pengumpulan data serta menggunakan rumus slovin dalam menentukan sampel (100 responden). Menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana sebagai teknik analisis data untuk melihat seberapa besar pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ini adalah intensitas menonton konten youtube satu persen (X1) dapat mempengaruhi pengetahuan sehat mental subscribersnya (X2) sebesar 52,7%. Kemudian pengetahuan sehat mental (X2) dapat mempengaruhi perilaku sehat mental (Y) sebesar 49,7%. Hasil tersebut menunjukan bahwa konten youtube satu persen sebagai (Stimulus) dapat memberikan efek pengetahuan serta perilaku ( Respon ) terhadap subscribesnya (Organisme). Pengaruh yang cukup kuat tersebut ada hubungannya dengan isi konten youtube satu persen yang relate dengan kehidupan responden yang berusia 19-30 tahun (Gen Z dan Gen Y).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Mental Health, S-O-R, Efek Media, Satu Persen Life School
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 17:08
Last Modified: 01 Dec 2023 17:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30746

Actions (login required)

View Item View Item