Dameswara, Chartenz Alfredo (2023) RISET PASAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GULA MERAH MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA IKM GULA MERAH DESA BOROBUDUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Chartenz Alfredo Dameswara)
190610136_Bab 0.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
190610136_Bab 1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
190610136_Bab 2.pdf Download (779kB) | Preview |
|
Text
190610136_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
190610136_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
190610136_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text
190610136_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text
190610136_Bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text
190610136_Bab 8.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text
190610136_Bab 9.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
190610136_Bab 10.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
||
|
Text
190610136_Bab 11.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Industri Kecil Menengah (IKM) gula merah di Desa Borobudur menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha mereka. Dengan produksi harian sekitar 3 kg, IKM ini mengalami sejumlah masalah yang mempengaruhi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis. Beberapa masalah utama yang dihadapi termasuk kurangnya inovasi dalam produk, nilai jual produk yang rendah, keterbatasan pasar hanya pada tingkat lokal Borobudur, serta variasi produk yang terbatas. Semua masalah ini secara kolektif telah menyebabkan keterbatasan dalam meraih pangsa pasar yang lebih luas dan menghambat kemajuan usaha IKM ini. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, penelitian ini berfokus pada perancangan solusi yang dapat meningkatkan daya tarik produk gula merah dari IKM Desa Borobudur. Metode yang digunakan melibatkan analisis mendalam terhadap preferensi konsumen dan pengembangan fitur produk yang dapat meningkatkan nilai jual dan daya saing produk tersebut. Riset ini menggunakan pendekatan riset pasar eksploratif untuk memahami preferensi konsumen dan riset deskriptif untuk menggambarkan fitur-fitur yang diidentifikasi. Dari hasil riset pasar eksploratif yang dilakukan dengan kuesioner kepada sejumlah wisatawan, ditemukan beberapa fitur produk yang menjadi preferensi konsumen. Fitur-fitur tersebut termasuk bentuk fisik gula merah, harga yang kompetitif, jenis kemasan yang praktis, penutup kemasan yang mudah digunakan, dan tampilan kemasan yang menarik. Melalui analisis mendalam menggunakan Business Model Canvas dan Value Proposition Canvas, fitur-fitur ini kemudian dikembangkan untuk merancang produk gula merah yang lebih menarik dan unik. Diharapkan, langkah ini dapat membantu IKM Desa Borobudur meningkatkan daya saing produk, meraih pangsa pasar yang lebih luas, dan berkontribusi pada pertumbuhan usaha mereka secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas (BMC), riset pasar, nilai jual rendah, Value Proposition Canvas (VPC) |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 17:59 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 17:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30844 |
Actions (login required)
View Item |