Aktivitas Komunikasi Pemasaran UMKM Milykita dalam Meningkatkan Penjualan Masker Pasca Pandemi

IRE, NOVIANA THETERIANTI (2023) Aktivitas Komunikasi Pemasaran UMKM Milykita dalam Meningkatkan Penjualan Masker Pasca Pandemi. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NOVIANA THETERIANTI IRE)
170906442 0.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906442 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906442 2.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
170906442 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
170906442 5.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Masker merupakan salah satu alat perlindungan diri yang dibuat untuk melindungi penggunannya dari partikel udara dan melindungi kesehatan saluran pernafasan. Penggunaan masker membantu mengurangi penularan COVID-19 pada manusia dengan mencegah adanya penyebaran yang dapat menyebabkan infeksi dari orang yang terinfeksi ke orang lain yang memiliki memungkinkan terjadinya kontaminasi. Salah satu UMKM yang pada awalnya bergerak dalam bidang percetakkan, beralih menjadi pelaku usaha yang menjual masker. Salah satu UMKM yang menjual masker adalah UMKM Milykita. Milykita merupakan UMKM yang sejak pandemi hingga pasca pandemi masih tetap bertahan. Milykita pada waktu pandemi merupakan pelopor penjual masker di Yogyakarta dan juga merupakan toko masker offline pertama yang ada di wilayah Babarsari. Aktivitas komunikasi pemasaran utama perusahaan adalah bauran promosi (promotion mix). Elemen promosi bauran pemasaran perusahaan mencakup semua kegiatan, materi, dan media yang relevan digunakan oleh produsen atau pemasar untuk memberikan informasi dan mengingatkan calon konsumen tentang penawaran produk tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi pemasaran UMKM Milykita dalam meningkatkan penjualan masker pasca pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif, yaitu Teknik yang menggambarkan, memaparkan dan menginterpretasikan objek yang diteliti dengan sistematis sehingga peneliti dapat mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran melalui observasi dan wawancara mendalam dengan informan. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Milykita yaitu dengan Iklan (advertising), Promosi penjualan (sales promotion), Hubungan masyarakat (public relations), Penjualan perorangan (personal selling), dan Pemasaran langsung (direct marketing). Aktivitas ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan masker UMKM Milykita pasca pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, UMKM Milykita, Masker, Pasca Pandemi Peningkatan Penjualan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 Feb 2024 17:32
Last Modified: 12 Feb 2024 17:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30998

Actions (login required)

View Item View Item