SANTOSA, TANTIDEVI (2023) PERENCANAAN KOMUNIKASI STRATEGIS PT. TELKOM JAMBI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (TANTIDEVI SANTOSA)
190906843 0.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text
190906843 1.pdf Download (799kB) | Preview |
|
|
Text
190906843 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
190906843 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190906843 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Telkom Jambi merupakan bagian dari perusahaan BUMN Indonesia yakni Telkom Indonesia Regional 1. Telkom perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Telkom memiliki produk unggulan yakni Indihome yang merupakan provider internet nirkabel. Saat ini Indihome berada ditengah persaingan antar provider, banyaknya kompetitor mengharuskan Telkom Jambi melakukan perencanaan komunikasi strategis guna mempertahankan loyalitas pelanggan Indihome. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Peneliti memperoleh data melalui wawancara dengan empat narasumber yakni dua narasumber dari unit Customer Care Telkom Jambi, seorang narasumber dari unit Direct Sales Telkomsel Jambi dan seorang narasumber dari unit Customer Retention Telkomsel Jambi. Hasil penelitian menemukan bahwa perencanaan komunikasi strategis PT. Telkom Jambi guna mempertahankan loyalitas pelanggan melewati sembilan proses kompleks yakni penemuan fakta melalui visit dan memantau media sosial kompetitor, sehingga Telkom Jambi mengetahui isu persaingan dengan lebih mendalam sehingga membantu dalam melakukan perencanaan komunikasi strategis. Proses perencanaan dalam Telkom Jambi meliputi pembahasan mengenai pemilihan media, komunikator, pembahasan mengenai sasaran, penyusunan pesan hingga dampak baik dan buruk dari perencanaan komunikasi strategis yang dirancang. Kemudian, Pada proses komunikasi, pada Telkom Jambi membahas mengenai Program terdahulu sebagai upaya mempertahankan pelanggan dan arus komunikasi yang terlaksana guna mempermudah proses koordinasi antar stakeholder dimana dalam hal ini yakni General Manager kemudian berkoordinasi dengan Manager Customer Care kemudian berkoordinasi dengan Officer 3 Customer Care hingga pada akhinya tersampaikan ke loyal officer. Proses terakhir adalah penentuan waktu serta bahan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta perkembangan dari rancangan komunikasi yang telah dilaksanakan nantinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Komunikasi Strategis, Telkom Jambi, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 21:28 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 21:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31076 |
Actions (login required)
View Item |