PEMBANGUNAN SISTEM PEMBELAJARAN LINUX MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN CAPTURE THE FLAG

Toruan, Adelbertus Larry Dennis Lumban (2024) PEMBANGUNAN SISTEM PEMBELAJARAN LINUX MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN CAPTURE THE FLAG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Adelbertus Larry Dennis Lumban Toruan)
170709509_Bab 0.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709509_Bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709509_Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
170709509_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
170709509_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
170709509_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
170709509_Bab 6.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keahlian teknologi informasi khususnya penggunaan Linux umumnya dilaksanakan di dalam sebuah kelas dan terdapat seorang instruktur yang akan menjelaskan seluruh teori beserta demonstrasi praktik atau membaca langsung dari berbagai sumber referensi seperti buku, dokumentasi ataupun blog. Selain pembelajaran yang dilaksanakan secara tradisional tersebut, terdapat metode pembelajaran lainnya yang biasa digunakan dalam kompetisi keamanan siber yaitu Capture The Flag. Secara umum, materi yang diberikan melalui metode tersebut tidak fokus sepenuhnya pada penggunaan Linux baik dasar maupun menengah. Berangkat dari permasalahan tersebut, diperlukan sebuah sistem yang menggunakan metode tersebut untuk memberikan pembelajaran yang sepenuhnya fokus pada penggunaan Linux baik dasar maupun menengah. Sistem diharuskan memiliki alur pembelajaran yang serupa layaknya sebuah kompetisi Capture The Flag tetapi tetap memberikan instruksi yang baik sehingga pelajar dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran. Sistem yang dibangun memiliki bagian materi yang berisikan narasi cerita, instruksi penyelesaian masalah dan referensi. Pelajar kemudian dapat mengumpulkan bendera sebagai bukti penyelesaian yang sah pada bagian yang sama. Selain materi pembelajaran melalui pengumpulan bendera, terdapat juga pengerjaan kuis sebagai pelengkap untuk memperinci pembelajaran. Terdapat juga informasi statistik, papan skor dan laporan pembelajaran yang dapat diakses oleh pelajar sehingga dapat mengetahui kemajuan pembelajaran per individu. Peran administrator atau instruktur juga terdapat di dalam sistem. Administrator ataupun instruktur dapat mengelola pembelajaran baik soal kuis maupun tingkat permainan dan dapat melihat informasi statistik, papan skor dan laporan pembelajaran dari seluruh peserta. Hasil dari penelitian dapat dikatakan cukup berhasil dalam memberikan pembelajaran yang bermanfaat melalui metode Capture The Flag. Hasil pengujian melalui pertanyaan kuisioner dari enam responden menyatakan lebih dari 60% pemain mendapatkan pengetahuan lebih dari kuis – kuis yang diberikan dan mendapatkan lebih banyak motivasi saat melaksanakan pembelajaran. Sekitar 80% menyatakan materi pembelajaran yang diterima secara keseluruhan cukup bernilai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: linux, command line, capture the flag, pembelajaran
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:21
Last Modified: 21 Feb 2024 18:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item