PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA BAKERY 512 DENGAN METODE SOSTAC

Pambudi, Hizkia Marcell Armudhya (2024) PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA BAKERY 512 DENGAN METODE SOSTAC. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hizkia Marcell Armudhya Pambudi)
190610456_Bab 0.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610456_Bab 1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610456_Bab 2.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
190610456_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
190610456_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
190610456_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
190610456_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190610456_Bab 7.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM Bakery 512 merupakan suatu unit usaha yang menjual berbagai macam jenis cake dan roti. Permasalahan utama yang terjadi pada Bakery 512 adalah target penjualan yang tidak tercapai, di mana rata-rata penjualannya selama 6 bulan hanya mencapai 943 pc dari target yang ditetapkan yaitu 1.000 pc per bulan. Berdasarkan hasil diskusi bersama stakeholder, penyebaran kuesioner dan penelusuran akar masalah dengan menggunakan fishbone diagram, ditemukan bahwa akar masalah yang terjadi adalah kurangnya promosi yang dilakukan, produk kurang bervariasi dan lokasi toko yang terletak di dalam perumahan sehingga tidak terlihat dari jalan utama. Berdasarkan hasil diskusi dengan stakeholder dan tinjauan pustaka, ditemukan alternatif solusi, yaitu membuat strategi promosi untuk mempromosikan Bakery 512, mengembangkan variasi produk dan membuka cabang baru di tempat yang terletak di pinggir jalan besar. Dengan menggunakan AHP, alternatif solusi yang terpilih adalah membuat strategi promosi untuk mempromosikan Bakery 512. Perancangan alternatif solusi menggunakan metode SOSTAC (Strategy, Objectives, Strategy, Tactics, Action and Control). Tahap Strategy dimulai dengan manganalisis channel saat ini, analisis kompetitor dan analisis SWOT. Kemudian tahap Objectives adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan 5S Objectives. Selanjutnya tahap Strategy menetapkan target dan segmentasi pasar menggunakan STP (Segmenting, Targeting and Positioning). Setelah itu, tahap Tactics menggunakan Marketing Mix 4P. Implementasi strategi promosi dilakukan pada tahap Action dengan cara membuat akun media sosial instagram, pembuatan logo baru untuk foto profil, pembuatan bio yang berisikan informasi singkat dan pembuatan Linktree untuk informasi lanjut seputar Bakery 512. Promosi melalui media sosial Instagram dilakukan dengan cara mengunggah konten selama 3 minggu. Tahap terakhir, yaitu tahap Control bertujuan untuk memeriksa dan mengevaluasi apakah hasil dari strategi yang diterapkan sudah sesuai dengan hasil yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan key performance indicator (KPI). Hasil dari implementasi strategi promosi menggunakan metode SOSTAC menyebabkan penjualan yang terjadi pada bulan september melampaui target yang ditentukan, yaitu sebanyak 1.067 pc. Biaya yang digunakan dalam 1 bulan hanya mencapai Rp62.000 , di mana biaya tersebut tidak melampaui batas biaya yang telah ditetapkan, yaitu kurang dari sama dengan Rp250.000. Implementasi juga tidak membutuhkan penambahan karyawan sesuai dengan keinginan stakeholder.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Target penjualan tidak tercapai, Peningkatan penjualan, SOSTAC, strategi pemasaran, media sosial
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Feb 2024 17:02
Last Modified: 26 Feb 2024 17:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31201

Actions (login required)

View Item View Item