Saraswati, Adinda Estiana (2021) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REVITALISASI PASAR NITEN MENJADI CREATIVE COMMUNITY HUB DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Adinda Estiana Saraswati)
170117111_Bab 0.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
170117111_Bab 1.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
170117111_Bab 2.pdf Download (899kB) | Preview |
|
Text
170117111_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
170117111_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
||
Text
170117111_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
170117111_Bab 6.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pasar Niten Baru yang terletak di Jl. Bantul km 5 merupakan hasil relokasi Pasar Niten lama pada tahun 2009. Relokasi ini disebabkan oleh kondisi pasar yang terkesan sempit, padat, dan pengap. Namun ternyata Pasar Niten Baru belum menyelesaikan masalah tersebut melainkan menambah masalah baru hingga menyebabkan isu sepi pengunjung. Isu ini membutuhkan strategi untuk kembali menghidupkan vitalitas pasar. Kemudian muncul gagasan BAPPEDA Bantul untuk merevitalisasi Pasar Niten dengan konsep baru yang lebih representatif, dalam hal ini mengacu pada nilai strategis Bantul sebagai kawasan sub-urban DIY dan juga potensi pariwisata Bantul yang kaya di sektor kesenian dan budaya. Potensi Bantul selain pariwisata budaya adalah dalam sektor ekonomi kreatif. Bantul masuk dalam 15 kabupaten/kota kreatif subsektor seni kriya oleh BEKRAF dalam Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) tahun 2016. Berdasarkan PPKD Bantul tahun 2018 masalah ekonomi kreatif di Bantul adalah belum semua UMKM/komunitas terdaftar di lembaga, belum ada satu pusat yang merepresentasikan karya seni Bantul, serta belum adanya dokumentasi dan event budaya yang memadai. Creative Community Hub merupakan tipologi baru yang ditambahkan pada konsep pasar adaptif menyesuaikan kebutuhan pedagang dalam kurun waktu tertentu. Tujuan perancangan berupaya mengaktifkan kembali eksistensi Pasar Niten diwujudkan dengan mewadahi masyarakat yang berdinamika bersama dalam kegiatan produksi, kolaborasi, dan promosi melalui strategi pendekatan placemaking. Pendekatan ini berupaya menghidupkan ruang (space) menjadi sebuah tempat (place) yang memiliki makna khusus dari potensi daerah tersebut. Dalam proses analisis dan menentukan konsep, perancangan fokus kepada identitas wilayah, program ruang, dan pemberdayaan komunitas menggunakan 4 prinsip utama yaitu sociability, uses & activities, access & linkage, serta comfort & image melalui penekanan desain pola ruang, sirkulasi, dan tampilan bangunan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Community Hub, Pasar Niten, Adaptif, Industri Kreatif, Placemaking |
Subjects: | Arsitektur > Teknologi Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 16:42 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 16:42 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31472 |
Actions (login required)
View Item |