TUGAS AKHIR PERANCANGAN BERDASARKAN ASPEK STRUKTUR, TRANSPORTASI, KEAIRAN, DAN MANAJEMEN (STUDI KASUS: PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN IR SOEKARNO, SUKOHARJO, JAWA TENGAH)

Dennis, . (2021) TUGAS AKHIR PERANCANGAN BERDASARKAN ASPEK STRUKTUR, TRANSPORTASI, KEAIRAN, DAN MANAJEMEN (STUDI KASUS: PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN IR SOEKARNO, SUKOHARJO, JAWA TENGAH). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dennis)
170216803_Bab 0.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216803_Bab 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216803_Bab 2.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
170216803_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170216803_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
170216803_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
170216803_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik Sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari rekayasa konstruksi, dan penulis juga memahami dampak dari pembangunan konstruksi sipil tersebut terhadap masyarakat sekitar, terutama dampaknya terhadap lingkungan. Cabang-cabang teknik sipil sangat beragam. Ada cabang ilmu struktural, transportasi, pemeliharaan air, geoteknik dan manajemen konstruksi. Cabang ilmu struktural mempelajari bagaimana membangun dengan aman sesuai dengan aturan teknik sipil. Ilmu transportasi mempelajari rekayasa lalu lintas perkotaan, bagian jalan dan proses konstruksi jalan. Cabang ilmu hidrologi mempelajari perilaku air, jaringan irigasi, dan struktur air. Cabang ilmu geoteknik yang mempelajari sifat- sifat tanah, jenis pondasi dan teknik pondasi. Cabang manajemen konstruksi mempelajari implementasi proyek, penganggaran biaya proyek, dan manajemen waktu pelaksanaan proyek. Pada kesempatan Tugas Akhir ini penulis memfokuskan pada ilmu transportasi. Tanpa susunan transportasi yang baik, warga perkotaan akan kesulitan melakukan perjalanan sehari-hari. Parahnya lagi, situasi lalu lintas bisa saja kacau, namun dalam prosesnya tentu ada beberapa tantangan yang perlu disikapi dengan bijak oleh semua pihak terkait. Maka dari itu penting untuk mempelajari teknik transportasi dalam perkuliahan Teknik Sipil. Dalam mata kuliah Praktik Perancangan Jalan mahasiswa diajarkan untuk menghitung nilai kerusakan jalan, menghitung jumlah pengguna zebra cross, menghitung jumlah pejalan kaki, menghitung jumlah pengguna parkir on road dan off road, mengukur volume kendaraan, mengukur kecepatan kendaraan, dan menghitung jumlah pelanggar rambu lalu lintas. Metode yang dipakai adalah metode survey dengan keadaan aktual di lapangan, data yang di dapat dari hasil survey di lapangan dimasukkan ke dalam tabel kemudian dengan menggunakan program komputer, data tersebut diolah untuk memperoleh nilai yang dicari. Pada survey pengguna zebra cross yang bertempat di Jalan Malioboro (depan Toko Liman) didapatkan 5 orang yang menyebrang melalui zebra cross, dan 4 orang yang tidak melalui zebra cross dari arah Barat ke Timur, dan dari arah Timur ke Barat terdapat 7 orang yang melewati zebra cross, dan 4 orang yang tidak melewati zebra cross. Survey pejalan kaki bertempat sama dengan survey zebra cross dan didapatkan nilai arus dan kepadatan pejalan kaki senilai 1 orang/m/menit. Survey parkir on road dilaksanakan di Burjo Borneo (Depan UPN Seturan) dan didapatkan rata-rata durasi parkir per kendaraan adalah 59,22 menit, dan pada survey parkir off road bertempat di Sahid J-Walk, dan didapatkan durasi parkir 66,14 menit per kendaraan. Survey volume kendaraan bertempat di Jalan Ir Soekarno (depan Honda Solo), bertujuan untuk memperoleh nilai perkerasan jalan dan didapatkan nilai tebal perkerasan jalan D1= 8,714cm, D2= 16 cm, dan D3= 10 cm. Survey kecepatan kendaraan bertempat smaa dengan survey volume kendaraan, dan diperoleh nilai rata-rata waktu tempuh mobil adalah 6,02 detik, dan motor adalah 5,55 detik. Pada survey pelanggaran rambu didapatkan jumlah pelanggar yang bervariasi berdasarkan rambu yang dilanggar, rambu dilarang parkir didapati pelanggar motor berjumlah 21 dan pelanggar mobil berjumlah 13, rambu dilarang berhenti didapati jumlah pelanggar motor 7 dan mobil 4, rambu dilarang belok kanan didapati hanya 1 pelanggar motor saja, rambu dilarang putar balik didapati 6 pelanggar motor dan tidak ada pelanggar mobil, rambu dilarang masuk didapati 3 pelanggar motor saja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik sipil, transportasi, perkerasan jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Apr 2024 18:57
Last Modified: 02 Apr 2024 18:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31499

Actions (login required)

View Item View Item