PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO

Anggradita, Monica Deva Chintya (2021) PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Monica Deva Chintya Anggradita)
170217048_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217048_Bab 1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217048_Bab 2.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
170217048_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
170217048_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170217048_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
170217048_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dibidang teknik sipil sangat berkaitan erat dengan perancangan bangunan sipil. Teknik sipil sendiri topik yang dibahas sangat beragam. Topik-topik yang dibahas ada bidang struktur, bidang keairan, bidang transportasi, dan bidang manajemen konstruksi. Kali ini akan membahas perencanaan dan perancangan dari ke-4 bidang tersebut. Perancangan gedung 4 lantai di Kupang, Nusa Tenggara Timur, mendesain ulang Bendung Kamijoro, merancang geometrik jalan, dan merencanakan anggaran biaya dan waktu. Perancangan bangunan gedung ini terdiri dari 4 lantai dengan atap pelat lantai. Bangunan ini direncanakan akan dibangun di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Hal-hal yang dirancang untuk gedung ini meliputi, kolom, balok, tangga, pelat, dan pondasi tiang. Sistem struktur yang digunakan adalah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRMPK) dengan kategori resiko II. Kategori Desain Seismatik (KDS) adalah kategori D. berat total untuk gedung ini sebesar 15510,4 kN. Perancangan beban gempa mengacu pada SNI 1726:2012. Pada SNI 1727:2013 tentang pembebanan, beban yang diberikan berupa beban mati, beban hidup dan beban gempa. Untuk bagian atap pelat lantai juga memerlukan beban hujan dan beban mati tambahan. Mutu beton yang digunakan 20 MPa. Mutu tulangan baja diameter kurang dari 12 mm adalah 240 MPa dan tulangan baja diameter lebih dari 12 mm adalah 400 MPa. Program bantu yang digunakan untuk perhitungan ini adalah ETABS dan SAP2000. Hasil perancangan yang didapat berupa dimensi struktur. Kolom (600 x 600) mm, balok induk (350 x 700) mm bentang 8 m, balok induk (300 x 600) mm bentang 4 m dan 5 m, balok anak (200 x 400) mm, dan balok bordes (250 x 500) mm bentang 4 m. Pelat lantai 1-4 P120 tebal 120 mm dan pelat atap P100 tebal 100 mm. Pondasi tiang pancang menggunakan kelas B sebanyak 4 tiang, diameter 600 mm, dengan panjang 10 m. dimensi penampang pile cap sebesar (3750 x 3750) mm dengan tebal 800 mm. Perancangan ini mengacu pada tentang persyaratan beton struktural. Perancangan bangunan air mendesain ulang Bendung Kamijoro dengan tipe bendung tetap, badan bendung terbuat dari beton. Luas daerah aliran sungai (DAS) sebesar 2049,315 km2. Debit andalannya menggunakan metode Melchior. Debit andalan 80% sebesar 53,2563 m3/ tahun. Lebar rerata sungai 170 m, debit banjir rancangan 100 tahun 1906,3847 m3/s, elevasi dasar sungai +22,1 m, elevasi sawah tertinggi +23,6 m, elevasi sawah terendah +18,1 m, luas sawah 2370 ha, dan jumlah bangunan airnya 1 buah. Elevasi mercu bendung +25,1 m, tinggi bendung 3 m, lebar bendung 160 m. direncanakan 1 pintu pembilas dengan tinggi 2 m dan 2 pilar dengan ukuran (3 x 0,8) m. H1 bendung sebesar 2,81744 m, didapat dari trial hingga Qrencana mendekati nilai Qbanjir rancangan. Elevasi muka air banjir +27,91744 m. tinggi air diatas mercu sebesar 1,9059 m. elevasi kolam olak 18,1 m, panjang kolam olak 14 m. Tipe puncak bendung berbentuk bulat dengan tipe kolam olak USBR Tipe III. Jumlah pintu pembilas 3 buah dengan jumlah pilar 3 buah juga. Pintu intake direncanakan memiliki 2 buah. Bendung yang direncanakan aman terhadap geser, guling, angkat, dan gempa. Sesuai dengan PU – KP 02 tentang bangunan utama bendung, PU – KP 04 tentang bangunan, dan PU – KP 06 tentang parameter bangunan. Perancangan bidang transportasi ini mendesain geometrik jalan secara menyeluruh. Perancangan geometrik jalan dimulai dari menentukan elinyemen vertikal dan ehorizontal, galian dan timbunan, termasuk juga perencanaan tebal perkerasan jalan, karena dimensi dari perkerasan merupakan bagian dari perencanaan geometrik sebagai suatu perencanaan jalan seutuhnya. Perancangan ini mengikuti aturan Pt T-01-2002-B tentang pedoman perencanaan tebal perkerasan lentur dan Pd T-14-2003 tentang perencanaan perkerasan jalan beton semen. Penyusunan rencanaan anggaran biaya pertama, menentukan volume total berdasarkan jenis pekerja. Kedua, menentukan harga barang berdasarkan jenis pekerjaan. Ketiga, menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Keempat, menentukan alat bahan yang digunakan. Kelima, menentukan total harga rancangan biaya kemudian menentukan durasi pengerjaan proyek. Durasi pekerjaan harus sesai dengan kesepakatan kontrak. Perencanaan anggaran biaya dan waktu untuk bangunan 2 lantai seluas 600 m2 di daerah Sleman membutuhkan rancangan anggaran biaya (RAB) sebesar Rp. 1.835.138.000,00. Analisa harga satuan yang digunakan sesuai dengan Peraturan Bupati Sleman Nomor 25 Tahun 2019 tentang Standarisasi Harga Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: struktur, bendung, geometrik, RAB
Subjects: Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Apr 2024 18:59
Last Modified: 25 Apr 2024 18:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31548

Actions (login required)

View Item View Item