STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) UNTUK PENCEGAHAN DAN PENGURANGAN STUNTING DI TIGA KAPANEWON, BANTUL

Gilangharjo, Antoenete Gadis (2024) STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) UNTUK PENCEGAHAN DAN PENGURANGAN STUNTING DI TIGA KAPANEWON, BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Antoenete Gadis Gilangharjo)
181006754_Bab 0.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006754_Bab 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
181006754_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
181006754_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
181006754_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang signifikan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bantul. Kondisi ini mengakibatkan pertumbuhan terhambat pada anak-anak akibat kekurangan gizi kronis, dengan dampak serius pada kesehatan dan perkembangan mereka. Di tengah upaya pemerintah untuk mengatasi stunting, peran tim pendamping keluarga (TPK) menjadi sangat penting. Tim ini bertugas memberikan dukungan dan bimbingan kepada keluarga dengan anak balita, dan ibu hamil sehingga strategi pengambilan keputusan mereka memiliki peran krusial dalam upaya pencegahan dan pengurangan stunting. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pengambilan keputusan TPK untuk pencegahan dan pengurangan stunting di tiga kapanewon di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai strategi pengambilan keputusan yang digunakan oleh TPK untuk pencegahan dan pengurangan stunting di tiga Kapanewon di Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan cara wawancara mendalam dengan anggota TPK dari 3 kapanewon di Bantul serta observasi langsung dengan cara turut serta dalam kunjungan ke rumah sasaran yang dilakukan oleh beberapa TPK. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam strategi pengambilan keputusan yang dilakukan oleh TPK. Strategi pengambilan keputusan untuk mencegah stunting di Bantul adalah identifikasi awal, pencarian peluang penyelesaian masalah, implementasi lalu evaluasi dan pembuatan rencana alternatif, setelah itu rencana kontrol. Sedangkan untuk strategi pengambilan keputusan dalam pengurangan stunting adalah identifikasi awal dan implementasi setelah itu evaluasi dan rencana kontrol. Tidak terdapat banyak perbedaan pada setiap kapanewon mengenai strategi pengambilan keputusan mereka. Dengan demikian, temuan penelitian ini menggambarkan tantangan dan strategi yang dihadapi oleh TPK di berbagai kapanewon, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang upaya pencegahan dan pengurangan stunting di Kabupaten Bantul. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran serta TPK dalam upaya pencegahan stunting serta pengembangan kebijakan yang lebih efektif di tingkat Kabupaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Tim Pendamping Keluarga, pengambilan keputusan, pencegahan, pengurangan, Bantul.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 May 2024 20:01
Last Modified: 29 May 2024 20:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31738

Actions (login required)

View Item View Item