SENTRAINDUSTRI KERAJINAN GERABAH DESA KARANGANYAR DI KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL

REFRANISA, REFRANISA (2015) SENTRAINDUSTRI KERAJINAN GERABAH DESA KARANGANYAR DI KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Refranisa)
110113963_Bab 0.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
110113963_Bab 1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
110113963_Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
110113963_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
110113963_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
110113963_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
110113963_Bab 6.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang dapat memberikan pcranan penting bagi pembangunan suatu daerah sekaligus memberikan kontribusi bagi perolehan devisa maupun penciptaan kesempatan kerja. Penerapan kegiatan pariwisata berbasis budaya di Indonesia telah ditunjukan oleh beberapa provinsi, salah satunya di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki icon terbesar yaitu Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang. Dengan adanya Objek Wisata Candi Borobudur, perekonomian di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang kian meningkat. Hal ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap kecamatan Borobudur dan kawasan disektiarnya menjadi sebuah daerah yang berkembang dengan industri kerajinan yang dimiliki sehinnga, Kecarnatan Borobudur memiliki banyak industri kerajinan yang dapat ditawarkan menjadi obyek wisata altematif. Desa Karanganyar merupakan salah satu tujuan wisata di Kecamatan Borobudur yang yang memiliki potensi dalam bidang kerajinan gerabah. Mayoritas masyarakat Desa Karanganyar yang bermata pencaharian sebagai pengerajin gerabah terdapat di Dusun Banjaran I yang sering disebut dengan Dusun Nglipoh. Produksi gerabah dari Dusun Nglipoh yang selarna ini telah mengangkat Desa Karanganyar sebagai desa wisata sekaligus salah satu sentra kerajinan gerabah di Kecamatan Borobudur. Namun, banyak fasilitas yang masih belum memadahi untuk menampung kegiatan pengunjung di Dusun Nglipoh. Melaui pendekatan arsitektur kontekstual, maka diharapkan agar pengembangan Dusun Nglipoh Desa karanganyar sebagai Sentra Kerajinan Gerabah yang akan cLirancang dapat menciptakan penataan kawasan yang berkarakter kontekstual dengan memperhatikan aspek fisik dan non fisik sehingga menjadikan Desa Karanganyar sebagai Sentra Kerajinan Gerabah yang dapat mengangkat citra Kawasan sehingga tercipta keselarasan antara wujud fisik bangunan dengan kebudayan masyarakat Desa Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sentra Industri , Kerajinan Gerabah, Arsitektur Kontekstual
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Jul 2024 17:55
Last Modified: 18 Jul 2024 19:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item View Item