Emiliyanto, Paulus Dwi Surya (2018) PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINER.JA RUAS JALAN PASAR KEMBANG YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Paulus Dwi Surya Emiliyanto)
140215204_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
140215204_Bab 1.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
140215204_Bab 2.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
140215204_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
140215204_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
140215204_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
140215204_Bab 6.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta merupakan salah satu jalan kolektor yang terdapat di Kota Yogyakarta dimana jalan tersebut sangat ramai dikarenakan banyaknya aktifitas ekonomi yang terjadi dan jalan tersebut dekat dengan Stasiun Kota Yogyakarta yang menjadi pintu masuk kedatangan wisatawan dan orang dari luar Kota Yogyakarta dan memiliki volume Iain Iintas yang tinggi. Kawasan Jalan Pasar Kembang memiliki berbagai macam masalah terkait dengan hambatan samping khusunya kendaraan parkir pada badan jalan dan kendaraan keluar masuk pada sisi jalan, hal ini mengakibatkan kinerja ruas jalan pada Jalan Pasar Kembang Yogyakarta menjadi tidak optimal karena adanya aktifitas parkir tersebut sehingga perlunya penataan clan perbaikan pada ruas jalan Pasar Kembang. Penelitian pada ruas Jalan Pasar Kembang Yogyakarta dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer berupa data volume lain lintas clan geometric jalan dan waktu tempuh serta banyaknya kejadian hambatan samping pada Jalan Pasar Kembang, sedangkan data sekunder meliputi data jumlah penduduk Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 April 2018 dan 21 April 2018. Analisis data dilakukan berdasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk mengetahui kinerja ruas Jalan Pasar Kmebang. Dari basil analisis dan pengamatan yang telah dilakukan didapatkan nilai Q sebesar 3495,05 smp/jam dengan nilai bambatan samping sebesar 808 smp/jam pada jam puncak di bari Sabtu dengan Kecepatan Arus Bebas (FV) sebesar 35,4051 km/jam, dengan nilai kapasitas (C) sebesar 4530,939 smp/jam dengan derajat kejenuhan mencapai 0,771 dan kecepatan rata - rata kendaraan ringan (V) sebesar 32 km/jam. Selanjutnya dilakukan skenario yaitu menghilangkan hambatan samping berupa parkir pada badan jalan dan kendaraan keluar masuk didapatkan basil nilai kapasitas sebesar (C) sebesar 5146,251 smp/jam dan nilai derajat kejenuban menurun menjadi 0,6790 dengan kecepatan kendaraan ringan naik menjadi 49,5 dengan kecepatan tempuh sebesar 4,6 detik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, kapasitas, kecepatan tempub, hambatan samping |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 17:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 17:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32025 |
Actions (login required)
View Item |