SOFI'I, AHMAD (2009) EVALUASI TERHADAP ARUS LALU LINTAS DAN GEOMETRIK JALAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11093.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11093.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11093.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11093.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11093.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11093.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11093.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Jalan merupakan bagian yang sangat penting di kota Pati terutama untuk transportasi darat karena semakin berkembangnya transportasi darat di kota Pati secara teknis menyebabkan semakin berkembang nya kebutuhan ruang oleh para pengguna jalan sehingga perlu adanya pelebaran jalan, penelitian ini bertujuan untuk merencanakan perencanaan trase jalan nya. Sehingga kita perlu melakukan analisis di tiap – tiap titik station yang telah di tentukan. Sedangkan metode yang di gunakan yaitu untuk menghitung arus lalulintas menggunakan MKJI untuk jalan perkotaan sedangkan untuk menghitung geometrik jalanya dengan cara membandingkan antara nilai derajat lengkung nya ( D ) dan nilai jari – jari nya ( R ) yang ada di lapangan dengan nilai derajat lengkung ( D ) dan nilai jari – jari nya ( R ) yang kita hitung apakah sudah sesuai dengan nilai standart Binamarga, kalau sudah sesuai berarti tikungan nya aman, dan proses pengambilan data dilakukan pada tanggal 26 desember 2008 dan data yang di perlukan dalam melakukan perencanaan yaitu meliputi data geometrik jalan, kondisi medan, kecepatan rata – rata kendaraan yang melewati jalan tersebut. Hasil hitungan nilai jari – jari lengkung dan nilai derajat lengkung tiap tiap stasion berbeda. Pada Sta P55 nilai R pada hitungan sebesar 134,98 m dan nilai derajat lengung nya D sebesar : 10,61° pada Sta P 59 nilai R : 59,99 m dan nilai derajat lengkung nya D : 23,88° dan pada Sta P 63 nilai R :239,97 m dan nilai D : 5,96°. Sedangkan kecepatan pada Sta P55: 56,25 km / jam, Sta P59 : 38,92 km / jam, Sta P63 : 77,25 km / jam. Sedangkan hasil hitungan perencanaan di lapangan pada Sta P55 nilai R : 500 m dan nilai derajat lengkung nya D : 2,05° dan pada Sta P59 nilai R : 110 m dan nilai derajat lengkung nya D: 13,02° sedangkan pada Sta P63 nilai R: 280 m dan nilai derajat lengkung nya D: 5,11° dan kecepatan pada Sta P55 : 60 km / jam , pada Sta P59 : 40 km / jam dan pada Sta P63: 80 km / jam nilai yang di hitung sudah sesuai dengan nilai standart Bina Marga sehingga bisa mendapatkan bentuk trase jalan yang sesuai dengan kondisi medan di daerah tersebut. Sehingga trase jalan yang di hasilkan aman bagi para pengguna jalan yang melewati jalan tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Trase ,Kecepatan Kendaraan, Geometrik Jalan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 11:14 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 11:14 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3213 |
Actions (login required)
View Item |