STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN (Studi Kasus pada Program “Puspa Aman: Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri, dan Nyaman” di Kabupaten Gianyar, Bali)

Ganeshwari, Komang Feby Wija (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN (Studi Kasus pada Program “Puspa Aman: Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri, dan Nyaman” di Kabupaten Gianyar, Bali). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Komang Feby Wija Ganeshwari)
200907304a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Program Puspa Aman dilaksanakan sebagai respon terhadap permasalahan pangan yang terjadi dengan seluruh inisiatif program berfokus pada partisipasi dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi pembangunan, tahapan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, dan mengidentifikasi keterlibatan aktor pembangunan dalam mendukung proses pembangunan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan 3 strategi komunikasi pembangunan, yaitu strategi desain instruksional, partisipatori, dan pemasaran. Kemudian, keterlibatan aktor pembangunan yang terdiri dari tim teknis dan tim pelaksana. Pada pelaksanaan pemberdayaan masyarakat tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, implementasi, kemandirian, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pembangunan, Partisipasi, Pemberdayaan, Aktor Pembangunan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Aug 2024 16:35
Last Modified: 15 Aug 2024 16:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item