PENGARUH VARIABEL PENENTU E-WOM DENGAN KEPUASAN WISATAWAN DAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Ariyanti, Efa (2024) PENGARUH VARIABEL PENENTU E-WOM DENGAN KEPUASAN WISATAWAN DAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Efa Ariyanti)
225027230_Bab 0.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225027230_Bab 1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225027230_Bab 2.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
225027230_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
225027230_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
225027230_Bab 5.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel penentu e-WOM dengan kepuasan wisatawan dan loyalitas sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, metode pengambilan sampel dalam penelitian ini mempergunakan metode purposive sampling, metodologi penelitian ini yaitu SEM dengan pendekatan pengolahan data menggunakan Smart PLS 3. Data didapatkan melalui kuesioner daring yang disebar menggunakan Google Form. Penelitian ini memperoleh responden sebanyak 205. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, nilai yang dipersepsikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan, nilai yang dipersepsikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan, kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan, kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-WOM wisatawan, loyalitas wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-WOM wisatawan. Uji mediasi menemukan bahwa kepuasan wisatawan terhadap nilai yang dipersepsikan dan loyalitas serta menguji loyalitas wisatawan terhadap kepuasan wisatawan dan e-WOM signifikan. Dimana kedua mediasi tersebut signifikan dan bersifat complementary mediation. Meskipun kepuasan wisatwan memengaruhi loyalitas wisatawan, tingkat kepuasan yang dirasakan setiap wisatawan berbeda-beda. Karena kondisi cuaca pada saat berkunjung, daya tahan tubuh wisatawan saat berkunjung juga menentukan seberapa besar kepuasan yang diperoleh wisatawan. Ada acara maupun tidak juga memengaruhi nilai yang dipersepsikan oleh wisatawan terhadap kunjungan yang dilakukan di Taman Sari Yogyakarta. Supaya meningkatkan motivasi wisatawan datang kembali ke Taman Sari pihak pengelola dapat melakukan kerja sama dengan influencer dengan cara membuat konten yang diunggah ke platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Pada penelitian sebelumnya berfokus pada objek situs warisan dunia yaitu Alhambra dan Generalife di Granada, Spanyol. Sedangkan pada penelitian ini meneliti objek tempat wisata bersejarah di Kota Yogyakarta yaitu Taman Sari Yogyakarta serta menambahkan variabel baru yaitu e-WOM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Wisatawan, Motivasi, Nilai yang dipersepsikan, e-WOM, Loyalitas.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Aug 2024 18:19
Last Modified: 20 Aug 2024 18:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32259

Actions (login required)

View Item View Item