Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Paylater (Kasus : Mahasiswa di Kota Palangka Raya)

Zulfani, Muhamad (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Paylater (Kasus : Mahasiswa di Kota Palangka Raya). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Muhamad Zulfani)
225312168_Bab 0.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225312168_Bab 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225312168_Bab 2.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
225312168_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
225312168_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img]
Preview
Text
225312168_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor apa saja yang mempengaruhi niat penggunaan Paylater di Kalangan Mahasiswa/i di Kota Palangka Raya. Penggunaan Paylater memiliki sisi negatif seperti menyababkan kecanduan pada pengguna nya ketika melakukan transaksi belanja online dan dapat terlitit hutang termasuk dengan bunga ketika terlambat melakukan pembayaran Paylater. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada mahasiswa/i di Kota Palangka Raya dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of The Techonology (UTAUT 2) dengan penambahan 5 Variabel Eksternal yaitu Perceived Herd Behavior, Impulsiveness, Trust, Perceived Risk dan Deal Proneness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh signifikan terhadap niat Mahasiswa/i terhadap pemakaian Paylater sehingga dapat dicari sumber masalah agar dapat mengurangi penggunaan Paylater. Hasil dari penelitian ini terdapat 5 Faktor yang signifikant terhadap Niat Penggunaan Paylater Yakni Social Influence, Price Value, Habit, Perceived Risk dan Deal Proneness. Pada penelitian ini mahasiswa/i di Kota Palangkaraya memiliki niat penggunaan Paylater berdasarkan dari pengaruh Social Influence yakni Orang terdekat seperti teman atau keluarga. Kemudian Price Value yang memberikan keuntungan Mahasiswa/i ketika menggunakan Paylater serta kebiasaan menggunakan Paylater ketika berbelanja online. Mahasiswa cenderung khawatir terhadap resiko yang didapat ketika menggunakan Layanan tersebut , akan tetapi ketika menggunakan Paylater maka akan mendapat promo seperti diskon atau gratis ongkir pada saat belanja online. Hal ini berarti bahwa penggunaan Paylater untuk belanja online di kalangan Mahasiswa/i di Kota Palangka Raya bukan dari sisi pengaruh mudahnya penggunaan pembayaran tersebut ataupun gaya hedon dari mereka akan tetapi dikarenakan pengaruh dari orang terdekat serta sesuatu yang mereka dapat ketika menggunakan layanan tersebut meskipun harus membayar cicilan setiap bulannya. Mahasiswa/i di Kota Palangka Raya sudah memiliki kebiasaan membeli sebuah barang dengan paylater sebab jika menggunakan layanan tersebut maka akan mendapat promo menarik seperti diskon atau gratis ongkir. Sehingga untuk mengurangi penggunaan Paylter pada Mahasiswa/I di Kota Palangka Raya, maka dapat dilakukan edukasi seperti penyuluhan melalui lingkungan sekitar, lingkungan kampus maupun media sosial dengan mengajak influencer untuk memberikan pengetahuan mengenai Payltaer berserta dampak-dampak nya ketika menggunakan Layanan tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Mahasiwa/i, Paylater, UTAUT 2, Percived Herd Behavior, Impulsiveness, Trust, Perceived Risk, Deal Proneness.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Sep 2024 17:10
Last Modified: 20 Sep 2024 17:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32434

Actions (login required)

View Item View Item