ANALISIS PENGARUH IKLAN SOSIAL DAN FAKTOR INDIVIDU TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI PADA OZZY CLOTHING

Angelina, Chatarina Debby (2024) ANALISIS PENGARUH IKLAN SOSIAL DAN FAKTOR INDIVIDU TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI PADA OZZY CLOTHING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Chatarina Debby Angelina)
190324956_Bab 0.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324956_Bab 1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324956_Bab 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
190324956_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
190324956_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
190324956_Bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia menyebabkan perkembangan konveksi di Indonesia semakin meningkat, karena pakaian merupakan kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Tentunya hal ini membuat tiap perusahan untuk berusaha bertumbuh agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Tentunya tiap perusahaan tidak hanya memiliki tugas untuk memproduksi pakaian, namun juga harus mempertimbangkan strategi promosi maupun memahami keinginan dari konsumen. Tiap perusahaan harus mampu menganalisis kebutuhan konsumen agar mampu terus berkembang. Media sosial merupakan sebuah aplikasi penting saat ini untuk membantu tiap perusahaan untuk menjangkau konsumen ataupun mengembangkan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh iklan sosial media, dan perilaku konsumen terhadap pembelian produk, agar lebih mengetahui mengenai iklan sosial. Penulis juga ingin menganalisis mengenai pengaruh citra merek terhadap perilaku konsumen dalam pembelian produk. Objek penelitian ini adalah Ozzy Clothing dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode non probability sampling. Dimana pada teknik ini, tidak diberikan peluang atau kesempatan sama pada setiap unsur populasi yang dipilih menjadi sampel. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengukuran data berupa Likert Scale. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang dikelola sendiri oleh penulis dari customer dari Ozzy Clothing Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode analisa data Structural Equation Modeling (SEM) dengan tipe partial least square path modelling (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4.0. terdapat dua macam model evaluasi dalam SEM-PLS yaitu outer model (model pengukuran) dan inner model (model struktural). Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa 1) Iklan sosial berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumen. 2) Faktor individu berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumen. 3) Citra merek berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumen. 4) Iklan sosial berpengaruh secara positif terhadap citra merek. 5) Faktor individu berpengaruh secara positif terhadap citra merek. 6) Citra merek memediasi iklan sosial terhadap perilaku pembelian konsumen. 7) Citra merek memediasi faktor individu terhadap perilaku pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan Sosial, Citra Merek, Perilaku Pembelian Konsumen
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Sep 2024 14:17
Last Modified: 25 Sep 2024 14:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32473

Actions (login required)

View Item View Item