ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK OPINI MENGENAI PERFORMA ANGGOTA HARLEY DAVIDSON CLUB INDONESIA (Kasus pada Masyarakat Solo Baru Sektor I)

Kristina, Ellen (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK OPINI MENGENAI PERFORMA ANGGOTA HARLEY DAVIDSON CLUB INDONESIA (Kasus pada Masyarakat Solo Baru Sektor I). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02969.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02969.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02969.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02969.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02969.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Membangun dan menjaga citra positif organisasi maupun instansi merupakan sebuah tanggung jawab yang diemban oleh praktisi public relations. Salah satu kegiatan yang dilakukan praktisi public relations untuk mewujudkan citra positif suatu organisasi maupun instansi adalah mengetahui dan menciptakan opini yang baik, bisa diterima oleh publik, dan menguntungkan semua pihak. Opini merupakan sebuah pendapat ataupun perilaku seseorang terhadap sesuatu. Bagi organisasi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), penting membangun dan menjaga opini masyarakat guna membangun citra yang baik di masyarakat. Performa anggota HDCI kerap kali menyebabkan seseorang menilai organisasi karena anggota HDCI merupakan bagian dari organisasi. Bagi Jefkins (1994:108), kehadiran pembentuk opini yang buruk dapat berpengaruh buruk terhadap suatu organisasi begitu juga sebaliknya Opini yang terbentuk pada seseorang tidak terjadi begitu saja. Terdapat faktor-faktor yang membentuk opini seseorang mengenai performa anggota HDCI. Penting untuk mengetahui faktor-faktor pembentukan opini mengenai suatu organisasi maupun hal-hal yang terkait dalam suatu organisasi. Dengan mengetahui faktor-faktor pembentuk opini, maka praktisi public relations dapat menjaga dan mengontrol opini masyarakat dengan tepat. Dalam penelitian ini, persepsi, sikap, dan motivasi merupakan faktorfaktor pembentuk opini. Rosandy (1998:56) menggambarkan bahwa opini seseorang didasarkan pada persepsi dan sikap yang dimiliki. Pada persepsi terdapat faktor latar belakang budaya, nilai-nilai yang dianut, pendapat yang berkembang, dan pengalaman yang membuat seseorang beropini. Sedangkan pada sikap terdapat faktor pengetahuan, perassan, dan kecenderungan berperilaku maupun beropini. Menurut Maltis John (2003:63), motivasi juga merupakan salah satu faktor bagi seseorang dalam berperilaku, karena motivasi merupakan hasrat yang menyebabkan atau mendasari seseorang melakukan tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif dengan metode survey. Teknik samling yang digunakan adalah purposive sampling dan ditujukan kepada masyarakat Solo Baru sektor I sebanyak 110 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan arithmatic mean. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa persepsi, sikap, dan motivasi merupakan faktor pembentuk opini mengenai performa anggota HDCI. Dari ketiga variabel tersebut, menghasilkan 5 faktor pembentuk opini dan faktor dominan pembentuk opini mengenai performa anggota HDCI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor pembentuk opini, faktor dominan, persepsi, sikap, motivasi, laki-laki, dan perempuan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jul 2013 09:35
Last Modified: 19 Jul 2013 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item