ANALISIS FAKTOR PENGARUH MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN CHATGPT PADA PENGERJAAN TUGAS KULIAH

Usfinit, Tian Bita (2024) ANALISIS FAKTOR PENGARUH MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN CHATGPT PADA PENGERJAAN TUGAS KULIAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Tian Bita Usfinit)
200710674_Bab 0.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710674_Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710674_Bab 2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
200710674_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
200710674_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
200710674_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
200710674_Bab 6.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi terutama Artificial Intelligence (AI) dalam bidang pendidikan telah menjadi topik yang semakin penting dan menarik dalam era digital saat ini, di mana integrasi teknologi AI ini menjadi kunci untuk memperkaya pengalaman belajar. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah ChatGPT, sebuah model bahasa yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna dan memberikan respons otomatis dengan tingkat kecerdasan buatan yang semakin mendekati kemampuan manusia dalam berkomunikasi. Banyak survei yang telah melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam penggunaan ChatGPT untuk pengerjaan tugas kuliah, namun semua penelitian yang dilakukan hanya berfokus pada analisis faktor positifnya saja dan belum ada yang meneliti mengenai faktor negatifnya. Maka dari itu perlu dilakukan suatu penelitian yang secara khusus meneliti mengenai analisis faktor negatif dari penggunaan ChatGPT dikalangan mahasiswa. Berdasarkan pada hasil survei yang didapatkan, penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dan menggunakan model TAM untuk analisisnya. Sampel penelitian ini terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi di perguruan tinggi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang telah menggunakan ChatGPT dalam pengerjaan tugas kuliah. Penelitian ini juga melakukan modifikasi dan pengembangan pada model hipotesis yang sudah ada dengan menambahkan dua faktor baru yaitu Integrity dan Accuracy. Hasil dari penelitian ini berupa suatu analisis yang dapat digunakan untuk membuktikan apakah penggunaan ChatGPT dalam pengerjaan tugas kuliah dapat memberikan dampak negatif kepada mereka yang menggunakannya dan juga bagaimana solusi dari pihak universitas untuk menangani dampak negatif tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Integrity, Accuracy, SEM Analysis, Model TAM.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Oct 2024 15:51
Last Modified: 30 Oct 2024 15:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item