NUGRAHAENI, NIDYA BETHA (2009) ANALISIS KINERJA JALAN DAN PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN RINGAN DENGAN KENDARAAN TIDAK BERMOTOR BERUPA BECAK (Studi kasus : Depan Pasar Prawirotaman, Jalan Parangtritis Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11883.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11883.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11883.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11883.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11883.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11883.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11883.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pasar Prawirotaman merupakan salah satu pusat perdagangan dan perniagaan di kota Yogyakarta. Permasalahan yang timbul adalah konflik arus lalu lintas dan hambatan samping yang dapat menyebabkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kondisi lalu lintas yang terjadi akibat adanya aktivitas pasar dengan menganalisis kinerja jalan dan pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan dengan kendaraan tidak bermotor berupa becak serta mengetahui perubahan nilai kecepatan arus bebas, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan dengan membandingkan pada kondisi dengan kendaraan tidak bermotor (kondisi lapangan) dengan kondisi tanpa kendaraan berhenti/parkir, tanpa kendaraan keluar/masuk dan, tanpa kendaraan tidak bermotor. Penelitian dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Oktober 2008 dan Minggu, 2 November 2008 pada jam-jam sibuk yaitu pagi hari pada pukul 07.00-09.00 WIB, siang hari pada pukul 12.00-14.00 WIB, dan sore hari pada pukul 16.00-18.00 WIB. Penelitian perhitungan yang dilakukan yaitu kecepatan tempuh kendaraan ringan, volume lalu lintas, dan hambatan samping untuk tiap interval waktu 15 menit. Hasil masing-masing penelitian juga dipilih jam puncak tertinggi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan MKJI’1997 untuk mengetahui kinerja jalan dan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan. Perbandingan nilai kecepatan hasil persamaan regresi dengan kecepatan lapangan mengalami perubahan rata-rata pada hari Rabu 21,28 km/jam turun menjadi 18, 89 km/jam dan pada hari Minggu 21,91 km/jam naik menjadi 24,30 km/jam. Hasil pengolahan data dengan program SPSS 11.00 for Windows untuk analisis pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan setelah menghilangkan variabel tidak signifikan diperoleh persamaan Y = 27,520 – 0,265.X1 untuk kondisi tanpa kendaraan berhenti/parkir, tanpa kendaraan keluar/masuk dan, tanpa kendaraan tidak bermotor. Dalam analisis kinerja jalan dengan MKJI’1997 diperoleh hasil pada kondisi lapangan dengan kondisi tanpa kendaraan berhenti/parkir, tanpa kendaraan keluar/masuk dan, tanpa kendaraan tidak bermotor yang menyebabkan perubahan peningkatan nilai kecepatan arus bebas antara 31,09 km/jam sampai 39,97 km/jam, kapasitas jalan antara 1962,58 smp/jam sampai 2472,35 smp/jam, dan untuk nilai derajat kejenuhan antara 0,32 sampai 0,74 jadi tidak melebihi batas toleransi (< 0,75) dengan tingkat pelayanan C lalu lintas ramai dan kecepatan terbatas. Hasil persentase jumlah becak terhadap jumlah arus lalu lintas antara 0,9 % sampai 5,73 % sehingga pengaruhnya sangat kecil. Jadi untuk meneliti pengaruh keberadaan kendaraan tidak bermotor khususnya becak terhadap kecepatan kendaraan ringan harus dipilih lokasi yang mempunyai hambatan samping berupa becak paling banyak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kendaraan tidak bermotor, kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanaan jalan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 09:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2013 09:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3298 |
Actions (login required)
View Item |