Wicaksono, Fransisksus Guntur (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text
201710930_bab 0.pdf Download (746kB) |
|
Text
201710930_bab 1.pdf Download (499kB) |
|
Text
201710930_bab 2.pdf Download (600kB) |
|
Text
201710930_bab 3.pdf Download (666kB) |
|
Text
201710930_bab 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710930_bab 5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemanfaatan kecerdasan buatan di sektor pendidikan telah meningkat secara bertahap, termasuk ChatGPT yang dikembangkan oleh Open AI. Motivasi berperan vital dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, semakin tinggi motivasi belajar maka akan lebih maksimal juga hasil yang diperoleh. User experience juga mempertimbangkan faktor�faktor seperti kemudahan pengguna dan kepuasan pengguna, yang mana itu membuat user experience sangat penting bagi pengembangan suatu produk maupun dengan dampak kepada penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan potensi ChatGPT di kalangan mahasiswa tingkat akhir di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dalam analisis user experience ini metode yang digunakan yaitu HEART Framework. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling. Jumlah responden yaitu 114 diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan presentase variabel Happiness sebesar (82.54%), Engagement (75,40%), Adoption (80,92%), Retention (77,01%), dan Task Success (77,33%). menunjukan bahwa kelima variable HEART mencapai goals yang telah ditentukan dengan target minimal sebesar 70%. Menunjukkan bahwa pengalaman positif penggunaan ChatGPT dapat meningkatkan motivasi belajar karena mampu memenuhi kebutuhan emosional, kognitif, dan sosial para penggunanya selama proses belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Experience, ChatGPT, HEART Framework |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 10:42 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 10:42 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33268 |
Actions (login required)
View Item |