Triatma, Nanda Juan (2024) PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE UNTUK TOEFL PREPARATION DENGAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.
Text (Nanda Juan Triatma)
200710682_bab 0.pdf Download (730kB) |
|
Text
200710682_bab 1.pdf Download (554kB) |
|
Text
200710682_bab 2.pdf Download (590kB) |
|
Text
200710682_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
|
Text
200710682_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text
200710682_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200710682_bab 6.pdf Download (713kB) |
Abstract
Uji kemampuan Bahasa Inggris seperti Test of English as a Foreign Language (TOEFL) sangat penting dalam pendidikan hingga pekerjaan, dan persiapannya seringkali memerlukan pemanfaatan berbagai sumber materi. Teknologi seperti Massive Open Online Course (MOOC) memberikan fleksibilitas, biaya, dan waktu yang efisien dalam persiapan TOEFL. Desain antarmuka yang baik dalam MOOC dengan metode Design Thinking, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan materi pembelajaran, sehingga meningkatkan hasil belajar. Perancangan website persiapan TOEFL berbentuk MOOC menggunakan metode Design Thinking dengan lima tahap: emphatize, define, ideate, prototype, dan test, dengan evaluasi menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of use (USE). Tahap emphatize dan define berfokus pada pendalaman masalah dan kebutuhan pengguna, sedangkan ideate menghasilkan solusi inovatif yang diuji dalam prototype dan test. Setelah uji coba, kuesioner SUS dan USE diberikan untuk mengevaluasi dan memperbaiki rancangan berdasarkan tanggapan responden. Hasil eksperimen menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of use (USE) pada 30 responden menunjukkan bahwa rancangan website persiapan TOEFL memiliki nilai SUS sebesar 80,91, yang masuk dalam kategori "acceptable" dan mendapat grade B dengan rating "excellent". USE memberikan nilai keseluruhan 95%, dengan kategori "very worthy" pada aspek usefulness (95%), ease of use (95%), ease of learning (95%), dan satisfaction (97%). Meskipun fitur-fitur utama berjalan dengan baik dan pengguna menemukan website mudah dipelajari, evaluasi menunjukkan perlunya perbaikan pada aspek usefulness dan konsistensi desain, serta peningkatan responsivitas tampilan agar lebih mudah diakses di berbagai perangkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, MOOC, TOEFL, Design Thinking |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 08:51 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 08:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33320 |
Actions (login required)
View Item |