Wardana, Hendricus Arya Wisnu (2024) PERANCANGAN FASILITAS PENDUKUNG STASIUN LEMPUYANGAN DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY SUPPORT. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Hendricus Arya Wisnu Wardana)
200118013_Bab 0.pdf Download (735kB) |
|
Text
200118013_Bab 1.pdf Download (623kB) |
|
Text
200118013_Bab 2.pdf Download (698kB) |
|
Text
200118013_Bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
200118013_Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
200118013_Bab 5.pdf Download (20MB) |
Abstract
Kawasan Jalan Lempuyangan merupakan salah satu jalan primary arterial yang terletak tepat di sisi selatan Stasiun Lempuyangan. Kawasan Jalan Lempuyangan merupakan salah satu kawasan yang memiliki mobilitas cukup tinggi karena terletak dekat dengan pusat kota dan beberapa titik pusat aktivitas pada kawasan yang merupakan pusat perdagangan, sejarah dan budaya, kuliner, transportasi serta perkantoran di Yogyakarta. Terdapat beberapa titik aktivitas yang menjadi potensi pada kawasan, di antaralain wisata kuliner, toko oleh-oleh, pedagang kaki lima, persewaan dan penitipan motor, perkantoran, serta Stasiun Lempuyangan yang memiliki jalur kereta api aktif sebagai daya tarik pengunjung untuk berwisata ketika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Meskipun memiliki berbagai potensi, kawasan Jalan Lempuyangan masih memiliki beragam permasalahan dalam kriteria kelayakan fasilitas pada lokasi terhadap pengunjung kawasan. Sebagai salah satu jalan yang menjadi area sirkulasi utama dan krusial di kawasan terutama sektor transportasi dan pariwisata Kota Yogyakarta, potensi pergerakan pada kawasan Jalan Lempuyangan cukup tinggi. Potensi pergerakan yang tinggi tersebut tidak berimbang dengan pengembangan fasilitas yang ada pada kawasan, terutama fasilitas untuk pejalan kaki dan juga ruang publik. Penempatan area PKL yang memakan area trotoar menyebabkan hilangnya jalur pedestrian. Selain itu, terdapat beberapa PKL dan titik persewaan motor yang menciptakan masalah adanya parkir liar yang menutupi badan jalan, sehingga menimbulkan kemacetan karena jalan habis digunakan untuk area parkir liar, sedangkan arus lalu lintas pada kawasan Jalan Lempuyangan cukup padat. Melalui potensi serta permasalahan yang ada pada kawasan Jalan Lempuyangan, diperlukan penataan kembali kawasan pada beberapa titik area yang mencakup fungsi pedestrian, perdagangan dan jasa, serta perkantoran dengan mempertimbangkan activity support pengguna ruang. Dalam proses pengembangan area tersebut, akan dilihat berbagai faktor lain yang mendukung proses perancangan, seperti faktor sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan agar dapat menciptakan hasil rancangan yang optimal dan berkesinambungan untuk menjawab permasalahan pengguna ruang. Perancangan fasilitas publik kawasan Jalan Lempuyangan di Kota Yogyakarta akan menerapkan pendekatan teori activity support untuk dapat memahami hubungan aktivitas pengguna ruang sebagai pertimbangan desain yang diharapkan dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kepentingan beberapa pihak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan Lempuyangan, Fasilitas Publik, Activity Support. |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 10:43 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 10:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33337 |
Actions (login required)
View Item |