Gusna, Shafa Salsabila (2025) DINAMIKA PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA INDUSTRI MEDIA DI INDONESIA (Studi Kasus Suara.com dan RRI). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Shafa Salsabila Gusna)
235508402_Bab 0.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
235508402_Bab 1.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
235508402_Bab 2.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
235508402_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
235508402_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text
235508402_Bab 5.pdf Download (739kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak pemanfaatan AI terhadap sumber daya manusia pada industri media di Indonesia dengan studi kasus Suara.com dan RRI. Penelitian ini relevan dalam konteks menejemen media. AI seharusnya dapat mempermudah tugas tenaga kerja. Namun riset menunjukan bahwa ada kekhawatiran kehilangan pekerjaan bagi pekerja pada industri media. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis aspek penerimaan teknologi AI oleh menejemen media di Indonesia serta konsekuensi adopsi AI terhadap SDM. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial teknologi milik Wiebe E. Bijker dan Trevor Pinch menyoroti bagaimana teknologi dibentuk organisasi. Metodologi kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan penerimaan teknologi AI menjadi kebutuhan mendesak bagi manajemen media Suara.com dan RRI untuk merespons perubahan tren digital. Namun, industri media di Indonesia belum memiliki regulasi ideal penerapan AI. Suara.com menyadari perubahan peran jurnalis tradisional seiring dengan meningkatnya kebutuhan keahlian baru untuk mengoperasikan AI. Sementara RRI mengelola SDM dengan stabil berfokus pada pelatihan untuk menyesuaikan dengan teknologi baru. Tantangan utama SDM ada pada kekhawatiran kehilangan pekerjaan namun temuan data menunjukan keunikan bahwa di masa depan AI dan menejemen media justru akan saling melengkapi. Jurnalis akan menjadi verifikator atas semua informasi yang beredar dan akan berperan sebagai penyedia konten untuk platform berbasis AI. Tanpa kehadiran jurnalis, platform AI tidak akan memiliki akses ke konten terbaru, kredibel, dan relevan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan menejemen media yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artificial intelligence, manajemen media, sumber daya manusia, transformasi digital, konstruksi sosial teknologi. |
Subjects: | Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 09:23 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 09:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |