Saputri, Dewi Tri Murniningsih (2025) PENGARUH REPUTASI, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN PERSAINGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Dewi Tri Murniningsih Saputri)
235027843_Bab 0.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
235027843_Bab 1.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
235027843_Bab 2.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
235027843_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text
235027843_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
![]() |
Text
235027843_Bab 5.pdf Download (399kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh reputasi dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan mempertimbangkan persaingan sebagai variabel moderasi. Penurunan jumlah siswa baru selama lima tahun terakhir menjadi isu utama, yang menunjukkan adanya tantangan dalam mempertahankan loyalitas orang tua siswa. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 193 responden dengan pendekatan kuisioner skala Likert untuk menganalisis hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan orang tua siswa terbukti sebagai mediasi penting dalam meningkatkan loyalitas, sementara nilai antisipasi pelanggan memperkuat hubungan ini, terutama dalam konteks persaingan ketat antar sekolah di wilayah sekitar. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi, kualitas layanan, dan komunikasi untuk memperkuat reputasi dan kepercayaan. Sebagai kesimpulan, peningkatan loyalitas pelanggan dapat dicapai melalui penguatan reputasi sekolah, peningkatan kualitas pendidikan, dan strategi pemasaran yang efektif. Disarankan agar sekolah memperkuat program-program unik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan memperhatikan dinamika persaingan melalui survei periodik dan pendekatan berbasis data. Penelitian ini berkontribusi pada literatur manajemen pendidikan dengan memberikan wawasan praktis bagi pengelola sekolah swasta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reputasi, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Nilai Antisipasi Pelanggan, Persaingan, Pendidikan. |
Subjects: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:53 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 08:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |