PENGARUH PENGALAMAN MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN E-WOM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MARSUDIRINI

Purwati, Ignatia Rini (2025) PENGARUH PENGALAMAN MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN E-WOM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MARSUDIRINI. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Ignatia Rini Purwati)
235027848_Bab 0.pdf

Download (829kB)
[img] Text
235027848_Bab 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
235027848_Bab 2.pdf

Download (601kB)
[img] Text
235027848_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
235027848_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
235027848_Bab 5.pdf

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pengalaman merek, yang meliputi dimensi sensorik, emosional, perilaku, dan intelektual, terhadap kepuasan siswa dan electronic word-of-mouth (eWOM) di SMA Marsudirini Muntilan. Penelitian dilatarbelakangi oleh tantangan sekolah dalam menarik dan mempertahankan siswa, meskipun telah dilakukan berbagai pembenahan, termasuk perbaikan fasilitas dan implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan yang digunakan adalah second-order disjoint two-stage dengan analisis Partial Least Squares (PLS). Pada tahap pertama, model pengukuran digunakan untuk menganalisis dimensi pengalaman merek sebagai variabel laten tingkat pertama (first-order) dan menguji pengaruhnya terhadap kepuasan siswa dan eWOM. Hasil dari tahap ini menghasilkan skor laten variabel yang digunakan dalam analisis tahap kedua, di mana pengalaman merek sebagai variabel laten tingkat kedua (second- order) diuji secara keseluruhan terhadap kepuasan siswa dan eWOM sebagai variabel dependen. Pendekatan ini memungkinkan pengujian hubungan struktural yang lebih komprehensif antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman intelektual memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dan eWOM. Pengalaman perilaku dan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, tetapi tidak signifikan terhadap eWOM. Sebaliknya, pengalaman sensorik tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa maupun eWOM. Pada second-order, pengalaman merek secara keseluruhan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan siswa dan juga signifikan dalam memengaruhi eWOM. Selain itu, kepuasan siswa terbukti memediasi pengaruh pengalaman merek terhadap eWOM. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis pada literatur pengalaman merek dalam konteks pendidikan dan menawarkan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan daya saing melalui penciptaan pengalaman yang bermakna dan memuaskan bagi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman merek, Kepuasan konsumen, Electronic Word-of- Mouth (eWOM)
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Apr 2025 11:25
Last Modified: 11 Apr 2025 11:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33932

Actions (login required)

View Item View Item