Wijaya, Vincensius Chrisna (2025) PENGARUH STIMULUS OLFAKTORI TERHADAP ORIENTASI DAN NAVIGASI SISWA TUNANETRA PADA RUANG KELAS DI SLB NEGERI 1 BANTUL MELALUI NEURO-ARSITEKTUR. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Vincensius Chrisna Wijaya)
235419689_Bab 0.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
235419689_Bab 1.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
235419689_Bab 2.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
235419689_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
![]() |
Text
235419689_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
235419689_Bab 5.pdf Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh stimulus olfaktori terhadap orientasi dan navigasi siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Bantul melalui pendekatan neuro- arsitektur. Tujuannya adalah: (1) menilai dampak aroma terhadap kecepatan, akurasi, dan kepuasan orientasi siswa tunanetra menggunakan metrik waktu navigasi, jumlah kesalahan, dan skor kepuasan; serta (2) mengidentifikasi peran aroma sebagai penanda spasial dalam mempermudah orientasi di lingkungan pendidikan. Sampel terdiri dari siswa tunanetra yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (diberikan aroma lavender, citrus, dan tea trees) dan kelompok kontrol (tanpa aroma). data dikumpulkan melalui tes orientasi, kuesioner kepuasan, dan observasi langsung, lalu dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi aroma, terutama lavender dan citrus, secara substansial meningkatkan kecepatan, akurasi, dan kepuasan navigasi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa dalam kelompok eksperimen merasa aroma membantu mereka dalam orientasi di ruang kelas. temuan ini mendukung literatur bahwa aroma dapat berfungsi sebagai penanda spasial efektif, meningkatkan memori, serta mendukung penciptaan lingkungan belajar yang inklusif sesuai prinsip neuro-arsitektur.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stimulus olfaktori, Neuro-arsitektur, Orientasi dan navigasi, Siswa tunanetra, penanda spasial, lingkungan Pendidikan inklusif |
Subjects: | Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 11:44 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 11:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |