Tasha, Madeline (2022) PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU KANTOR BKAD DAN UNIT KERJA KEC. MOJOSONGO-BOYOLALI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Madeline Tasha)
180217304_Bab 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 1.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
![]() |
Text
180217304_Bab 6.pdf Download (3MB) |
Abstract
Infrastruktur merupakan struktur fasilitas untuk kepentingan umum yang berupa jalan raya, jembatan, bendungan, bangunan, dan lain-lain. Dalam perancangan infrastruktur, dibutuhkan runtutan pekerjaan yang cermat dan harus memenuhi standar mutu yang berlaku. Hal ini dilakukan agar infrastruktur yang dibangun dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dalam laporan Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur II, penulis akan membahas 4 (empat) perancangan meliputi perancangan jalan raya, bangunan air, bangunan gedung, serta estimasi biaya dan waktu yang memiliki tahapan sebagai berikut. Perancangan jalan raya dimulai dari penentuan titik-titik stasiun, perhitungan komponen-komponen alinyemen horizontal dan vertikal, menentukan tipe tikungan dan memperhitungkan rencana tikungan, serta perhitungan volume galian dan timbunan. Hasil jalan yang direncanakan memiliki medan datar dan 2 (dua) tikungan Spiral-Circle-Spiral. Lalu untuk volume galian dan timbunan terdapat kelebihan pada volume timbunan sebesar 2.015,66 m3, sehingga harus mendatangkan tanah dari lokasi lain untuk meratakan tanah agar sesuai dengan tinggi jalan rencana. Perancangan bangunan air dimulai dari menentukan stasiun hujan dan memperhitungkan curah hujan rerata di masing-masing stasiun, melakukan pengujian data sebaran stasiun hujan, memperhitungkan debit banjir dan debit andalan, memperhitungkan desain bendung dan struktur pelengkap lainnya, lalu terakhir memperhitungkan stabilitas bendung terhadap guling, geser, gempa, dan uplift. Hasil dari perancangan ini adalah direncanakan tipe bendung tetap yang dilengkapi dengan saluran induk dan pengendap, 3 pintu dan 3 pilar pembilas, dengan mercu bendung tipe Ogee dan kolam olak USBR tipe III. Perencanaan biaya dan waktu diawali dengan memperhitungkan volume pekerjaan, melakukan analisis harga satuan pekerjaan berdasarkan acuan harga material dan upah di kota tertentu, merancang susunan rencana anggaran biaya, menetapkan durasi tiap pekerjaan, menentukan hubungan antar aktivitas, merencanakan penjadwalan yang outputnya berupa network diagram dan kurva S. Perencanaan ini dilakukan untuk bangunan 2 lantai dengan luas bangunan total 233,4 m2 dan diperoleh hasil RAB sebesar Rp 936.439.117,25 dengan waktu pembangunan total 195 hari. Perancangan bangunan gedung diawali dengan melakukan preliminary desain dengan bantuan software ETABS dan SAP2000, merencanakan struktur atap yang meliputi perencanaan gording, sag-rod, dan kuda-kuda, merencanakan plat lantai dan tangga, merencanakan balok dan kolom menggunakan metode SRPMK, melakukan penyelidikan tanah dan analisa potensi likuifaksi, lalu terakhir dilakukan perencanaan fondasi yang diikuti dengan analisis penurunan. Seluruh perhitungan mengacu pada SNI 1726:2019, 1727:2020, 1729:2015, 2847:2019, 8460:2017 dan telah melewati uji stabilitas masing-masing komponen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bendung, biaya, gedung, infrastruktur, jalan, perancangan, waktu. |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 02 May 2025 12:20 |
Last Modified: | 02 May 2025 12:20 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |