KOMPETENSI KOMUNIKASI EDUKATOR DI MUSEUM KERATON YOGYAKARTA

Adiyanto, Stefanus Lukito (2025) KOMPETENSI KOMUNIKASI EDUKATOR DI MUSEUM KERATON YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Stefanus Lukito Adiyanto)
210907549.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kompetensi komunikasi edukator atau pemandu wisata di Museum Keraton Yogyakarta menggunakan teori kompetensi komunikasi Spitzberg dan Cupach. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap enam edukator dan pihak manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi edukator mencakup tiga pilar utama : pengetahuan (pemahaman sejarah dan budaya), keterampilan (penggunaan bahasa tubuh, intonasi dan adaptasi komunikasi), serta motivasi (kemampuan membangun hubungan interpersonal secara efektif). Penelitian ini merekomendasikan peningkatan standar komunikasi, pelathian berkelanjutan, dan penguatan sistem mentoring untuk mengembangkan kompetensi pemandu wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, kompetensi komunikasi, pengetahuan, motivasi, keterampilan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 May 2025 10:33
Last Modified: 21 May 2025 10:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34086

Actions (login required)

View Item View Item