EVALUASI KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Ikhlas Samping Pasar Darurat Kota Magelang)

PUTRO, PAULUS DANANG GUNADI (2010) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Ikhlas Samping Pasar Darurat Kota Magelang). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12137.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12137.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12137.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12137.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12137.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12137.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12137.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2009 terjadi kebakaran disalah satu pasar terbesar di kota magelang yaitu Pasar Rejowinangun. Terbakarnya pasar Rejowinangun menyebabkan lumpuhnya kegiatan perdagangan di Kota Magelang oleh sebab itu pemerintahan kota membuat pasar darurat di belakang sepanjang Jalan Ikhlas.. Pasar darurat kota Magelang merupakan daerah perdagangan yang mempunyai aktifitas yang sangat tinggi terutama pada jam-jam sibuk. Pada saat jam sibuk hambatan samping yang terjadi seperti kendaraan parkir/berhenti, kendaraan bermotor yang keluar masuk lahan samping jalan dan arus kendaraan yang bergerak lambat menyebabkan terjadinya penurunan kecepatan lalu lintas yang akhirnya mengakibatkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Penelitian ini dilakukan pada lokasi Jalan Ikhlas samping pasar darurat Kota Magelang dengan jarak 200 m selama 3 hari yaitu pada Sabtu, Minggu dan Senin tanggal 27-29 maret 2010. Sisi barat mulai dari RM. Ninit hingga Toko Moerop, sedangkan sisi timur dari Dealer Yamaha hingga Dealer Suzuki. Metode pengumpulan data yaitu pengambilan atau pencatatan data yag dibutuhkan dalam penelitian. Metodologi penelitian yang dilakukan melalui studi kasus, ada 2 jenis data yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan ini, yaitu data primer dan data sekunder.Analisis kinerja ruas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Metode Analisa Komonen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besar nilai hambatan samping Jalan Ikhlas lajur barat sebesar 117,4 yang dikategorikan sebagai kelas hambatan samping rendah. Arus lalu lintas (Q) sebesar 1244,475 smp/jam. Kecepatan arus bebasnya sebesar 50,127 km/jam, dengan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0.4223<0,75. kecepatan tempuh kendaraan ringan sebesar 49 km/jam dengan waktu tempuh 7,34 detik. Berdasarkan analisis dengan menggunakan MKJI 1997, faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah kendaraan parkir/berhenti yang bila dihilangkan memberikan kontribusi dengan menaikkan kecepatan tempuh kendaraan ringan sebesar 5 km/jam, sedangkan, kendaraan tidak bermotor (kendaraan lambat) tidak mempengaruhi kinerja jalan. Lapis perkerasan tambahan sebesar 4,5 cm HRA. Hambatan samping Jalan Ikhlas lajur Timur sebesar 33.8 yang dikategorikan sebagai kelas hambatan samping sangat rendah. Arus lalu lintas (Q) sebesar 1690,48 smp/jam. Kecepatan arus bebasnya sebesar 56,73 km/jam km/jam, dengan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,51<0,75 kecepatan tempuh kendaraan ringan sebesar 52 km/jam dengan waktu tempuh 6,92 detik detik lapis perkerasan tambahan sebesar 6 cm HRA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Arus Lalu Lintas, Kecepatan, Kapasitas, Lapis Perkerasan Tambahan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2013 13:14
Last Modified: 30 Jul 2013 13:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item