EFEKTIVITAS DIFUSI NILAI DALAM PENDIDIKAN (Efektivitas Metode Live In dalam Menanamkan Nilai Conscience dan Compassion Siswa SMP Kolese Kanisius Jakarta)

Paramita , Stella Maris Rani (2009) EFEKTIVITAS DIFUSI NILAI DALAM PENDIDIKAN (Efektivitas Metode Live In dalam Menanamkan Nilai Conscience dan Compassion Siswa SMP Kolese Kanisius Jakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02461.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02461.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02461.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02461.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02461.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode live in sebagai salah satu metode pendidikan nilai (value), terutama conscience (hati nurani benar) dan compassion (kepedulian sosial). Dalam rangka mengetahui efektivitas, peneliti menggunakan teori difusi inovasi (Everett M. Rogers), dengan berbagai metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatoris, focus group discussion, dan kuesioner. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Untuk teknik analisis data kuantitatif, peneliti menggunakan teknik paired sample t-test. Sedangkan untuk teknik analisis data kualitatif, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan berbagai metodologi dan teknik analisis data tersebut, penelitian ini melihat bagaimana efektivitas metode live in dalam difusi nilai yang dilakukan oleh SMP Kolese Kanisius Jakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kolese Kanisius Jakarta yang mengikuti kegiatan live in pada tanggal 12-17 Desember 2009 di Sumber, Kecamatan Dukun, Magelang. Banyak pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan live in SMP Kolese Kanisius Jakarta, di antaranya yaitu pengelola live in (tim EGSPi dan Tuk Mancur, termasuk keluarga angkat), tim live in dari Kolese Kanisius, dan para siswa. Proses difusi nilai berlangsung ketika siswa tinggal dan berinteraksi dengan keluarga angkat dan warga lingkungan di sekitar rumah tinggalnya. Pengkondisian dan penjadwalan kegiatan selama live in berlangsung turut menentukan proses berjalannya kegiatan. Aktivitas siswa selama live in, selain di dalam keluarga angkat, juga dalam kelompok besar dengan penjadwalan khusus. Berdasarkan pengolahan data kuantitatif yang dilakukan, hasil analisis menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig. (2-tailed)) menunjuk pada angka 0.0000, dengan analisis bahwa 0.0000 < 0.05, berarti ada perbedaan rata-rata pada sampel sebelum dan setelah dilakukannya live in. Dengan demikian, metode live in secara efektif telah menyebabkan perubahan nilai siswa, perubahan ini terutama dalam conscience yang dianut siswa. Meskipun demikian ada beberapa hal yang mempengaruhi efektivitas metode live in ini, di antaranya seperti pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan live in, pengkondisian live in, dan komponen-komponen komunikasi. Dengan demikian, diperlukan berbagai persiapan dan pengkondisian berbagai hal agar live in yang direncanakan dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2013 13:50
Last Modified: 01 Aug 2013 13:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item