Wahyudi, Hendra (2009) ANALISIS DAN PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA DI DAERAH RAWAN GEMPA (Studi Kasus Perancangan Jembatan Air Manula di Propinsi Bengkulu). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11631.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11631.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11631.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11631.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11631.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11631.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab VI)
6TS11631.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VII)
7TS11631.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Menurut Badan Litbang DPU (1992), perencanaan ketahanan gempa meliputi evaluasi teknik dad pengaruh kekuatan gempa pada jembatan seperti gaya inersia, tekanan tanah, tekanan air dan penyebaran gaya lateral. Beban lateral akibat gerakan gempa untuk suatu daerah dihitung berdasarkan percepatan gempa dasar, lokasi pembangunan, faktor kepentingan, faktor perangkaan, berat konstruksi jembatan seperti yang disyaratkan dalam Brige Management System 1992. Perencanaan ketahanan struktur bangunan terhadap gempa sangat perlu dipertimbangkan mengingat wilayah Indonesia termasuk daerah dengan tingkat resiko gempa cukup tinggi. Hal ini dikarenakan Indonesia berada di antara empat sistem tektonik yang aktif, yaitu lempeng Eurasia, Indo-Australia, Filipina dan Pasifik, sehingga wilayah Indonesia terbagi menjadi 6 wilayah gempa. Studi kasus perancangan jembatan ini berlokasi di Propinsi Bengkulu yang terletak pada wilayah 2 pada peta wilayah gempa Indonesia yang dikeluarkan Badan Litbang DPU. Analisis dan perancangan struktur jembatan ini memiliki langkah-langkah analisis yaitu penentuan detail dimensi struktur, analisis pembeban, pengecekan terhadap kekuatan struktur. Konstruksi Jembatan bagian atas terbuat dari baja struktural dengan tipe warren truss, sedangkan bagian bawah jembatan terbuat dari struktur beton bertulang. Saat ini perancangan struktur jembatan sangat terbantu dengan adanya perangkat lunak yang berorientasi terhadap pendimensian obyek, salah satunya adalah SAP2000. Hasil dari analisis dan perancangan struktur jembatan berupa detail engineering design beserta hal yang sangat mempengaruhi penambahan beban horisontal akibat gempa dalam perancangan struktur di daerah rawan gempa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | baja, struktur beton bertulang, waktu getar bangunan,koefisien percepatan dasar, SAP2000, lendutan, momen, gaya geser,kombinasi pembebanan, reaksi tumpuan. |
Subjects: | Magister Teknik Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 09:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2013 09:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3660 |
Actions (login required)
View Item |