HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DENGAN KEPUASAN RELASI KARYAWAN PT ASURANSI CENTRAL ASIA CABANG SURAKARTA YANG DIPANDANG DENGAN PERSPEKTIF SOCIAL EXCHANGE THEORY

Putri, Kezia Deviani Sagita (2013) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DENGAN KEPUASAN RELASI KARYAWAN PT ASURANSI CENTRAL ASIA CABANG SURAKARTA YANG DIPANDANG DENGAN PERSPEKTIF SOCIAL EXCHANGE THEORY. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03785.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03785.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03785.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03785.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03785.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Adanya karyawan pindahan, dari cabang ke cabang di PT Asuransi Central Asia Cabang Surakarta menuntut terciptanya kepuasan relasi karyawan dengan pimpinannya agar karyawan betah untuk bekerja di tempat yang baru. Oleh sebab itu diperlukan kualitas komunikasi interpersonal pimpinan yang baik untuk menciptakan kepuasan relasi karyawannya demi mengembangkan perusahaan. Peneliti menggunakan teori pertukaran sosial sebagai dasar penelitian sekaligus membuktikan teori pertukaran sosial sebagai dasar teori terbentuknya kualitas komunikasi interpersonal karyawan dan kepuasan relasi karyawan. Teori pertukaran sosial merupakan dorongan utama seseorang dalam melakukan hubungan interpersonal. Teori Pertukaran Sosial didasarkan pada ide bahwa orang memandang hubungan mereka dalam konteks ekonomi dan mereka menghitung pengorbanan dan membandingkannya dengan penghargaan yang didapatkan dengan meneruskan hubungan itu. Evaluasi dari bentuk hubungan ini adalah ketika orang menghitung nilai hubungan mereka dan membuat keputusan apakah akan tetap tinggal dalam hubungan itu atau pergi. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat membentuk kontribusi tentang pemahaman social exchange theory yang diterapkan dalam kehidupan organisasi yakni melihat hubungan antara kualitas komunikasi interpersonal pimpinan dengan kepuasan relasi anggota organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan PT Asuransi Central Asia Cabang Surakarta. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ini adalah terdapat korelasi langsung antara kualitas komunikasi interpersonal pimpinan dengan kepuasan relasi karyawan. Adanya korelasi antar variabel mengartikan bahwa kualitas komunikasi interpersonal pimpinan yang baik akan meningkatkan komitmen individu terhadap organisasi dan kemudian akan meningkatkan kepuasan relasi karyawan PT Asuransi Central Asia Cabang Surakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teori pertukaran sosial, kualitas komunikasi interpersonal pimpinan, kepuasan relasi karyawan, komitmen individu terhadap organisasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2013 10:03
Last Modified: 20 Sep 2013 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item