PENGARUH PERENCANAAN STRATEGIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN KECIL

Jati, Narwastu Anugrah (2006) PENGARUH PERENCANAAN STRATEGIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN KECIL. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM11823.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM11823.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM11823.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM11823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM11823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM11823.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perencanaan strategis seperti misi, tujuan, strategi dan kebijakan terhadap kinerja perusahaan. Indikator yang digunakan untuk kinerka perusahaan adalah volume penjualan dan market share. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan kecil yang bergerak dibidang produksi barang-barang kerajinan, berlokasi di sentra industri kerajinan Kasongan dan Bangunjiwo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Sampel menggunakan non probability design dengan cara purposive sampling jenis cont'enience. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan angket penelitian yang disebarkan kepada responden. Untuk menguji hipotesis digunakan alat analisis yang regresi berganda. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan baliwa variabel misi pcrusahaan, pengamatan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) dan pengamatan lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Pengujian terhadap indikator market share secara parsial menunjukkan bahwa variabel pengamatan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman), pengamatan lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan), jangka waktu perencanaan strategis dan pengembangan rencana operasional merniliki pengaruh tergadap market share. Secara bersama-sama (simultan) hasil pengujian menunjukkan bahwa perencanaan strategis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedua indikator kinerja perusahaan yaitu volume penjualan dan market share. Terhadap volume penjualan, perencanaan strategis memberikan pengaruh sebesar 77,5%, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Terhadap market share, perencanaan strategis memberikan pengaruh sebesar 67,5%, sedangkan sisanya diberikan oleh faktor-faktor yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perencanaan strategis, perusahaan kecil, kinerja perusahaan.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Oct 2013 10:34
Last Modified: 11 Oct 2013 10:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item