EFEKTIVITAS FOTO DALAM MEMBANGUN CORPORATE IDENTITY (Studi Kasus Foto Kalender Universitas Atma Jaya Yogyakarta tahun 2012)

Mahendra, Aloysius Patriot Putera (2013) EFEKTIVITAS FOTO DALAM MEMBANGUN CORPORATE IDENTITY (Studi Kasus Foto Kalender Universitas Atma Jaya Yogyakarta tahun 2012). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03168.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03168.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03168.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03168.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03168.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Saat ini di Indonesia fotografi sedang berkembang dengan pesat, semakin terjangkaunya peralatan fotografi membuat kegiatan ini semakin digemari oleh masyarakat. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh humas diberbagai organisasi untuk mencitrakan organisasinya, karena fotografi lebih banyak mengandung makna daripada kata-kata, maka fotografi digunakan oleh humas untuk berkomunikasi dengan publiknya. Fotografi sebenarnya bukan hanya sebatas pada kemampuan teknis fotografi saja, tetapi fotografi merupakan salah satu ranah dalam komunikasi di mana fotografi termasuk dalam komunikasi non-verbal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya warna, gerakan tubuh manusia, ekspresi wajah, semuanya itu bukan merupakan kata-kata tetapi dapat membangkitkan sisi emosional tertentu pada orang yang melihatnya. Foto merupakan salah satu bagian dari kajian Public Relations yang justru kurang diminati oleh peneliti, padahal sebenarnya foto memiliki potensi unik untuk menampilkan representasi sejati organisasi atau perusahaan secara utuh. Dunia dalam foto merupakan bentuk dari cerminan realitas itu sendiri. Oleh karena itu foto didesain sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan dari pembuat foto tersebut, dan terkadang juga membutuhkan pembiayaan yang sangat besar untuk menciptakan foto yang sesuai dengan kebutuhan. Namun kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apakah kemudian foto tersebut berhasil menyampaikan maksud atau pesan yang diharapkan oleh si pembuat foto. Hal ini menjadi penting untuk diketahui bila mengingat proses pembuatan foto yang dimulai dari merumuskan konsep sampai dengan eksekusi gambar membutuhkan waktu yang tidak singkat,selain waktu juga pembiayaan yang cukup besar pula. Ada beberapa tambahan yang didapat melalui penelitian ini untuk membantu agar foto dapat menjadi efektif dalam menyampaikan makna atau pesan. Hasil yang didapatkan ini terkait dengan teknis pembuatan foto dan persiapannya. Yang pertama adalah proses pembuatan foto terkait dengan teknis pembuatan foto mulai dari lokasi, pemilihan model, dan pemilihan pakaian. Namun yang juga harus diperhatikan adalah teknis pengambilan foto, seberapa ahli seorang fotografer dalam mengambil foto. Jangan sampai terjadi kesalahan teknis pemgambilan foto seperti foto itu terkesan under (foto under adalah foto yang terkesan gelap, sehingga menyebabkan detil yang ada pada model atau properti tidak terlihat dengan jelas), selain under ada juga foto yang over (foto over adalah foto yang terdapat over highlight pada bagian foto tersebut, ini menyebabkan hilangnya detail yang ada pada model atau properti). Kesalahan seperti ini yang kadang membuat tanda-tanda kecil semiotika hilang, dan tidak dapat dilihat oleh orang yang melihat foto tersebut. yang kedua, dalam proses penyampaian pesan atau makna dalam foto, yang sangat berpengaruh adalah visualisasi. Visualisasi menjadi sangat berpengaruh karena visualisasi merupakan cerita yang ada dalam foto tersebut, foto yang baik adalah foto yang dapat bercerita banyak tanpa dibantu oleh banyaknya tulisan. Karena itu proses brainstroming menjadi sangat penting karena pada proses tersebut semua hal tentang apa yang ingin disampaikan dan bagaimana menyampaikannya melalui sebuah foto di tentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:20
Last Modified: 14 Nov 2013 12:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item