STRATEGI KOMUNIKASI PADA SPECIAL EVENT JOGJA JAVA CARNIVAL 2011 SEBAGAI ICON EVENT BUDAYA

Soraya, Anggita (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PADA SPECIAL EVENT JOGJA JAVA CARNIVAL 2011 SEBAGAI ICON EVENT BUDAYA. Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
07 09 03392. JURNAL. Anggita Soraya.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang digunakan pada perayaan special event yaitu Jogja Java Carnival dalam rangka HUT Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui stratgei yang digunakan dalam merayakan sebuah special event. Harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan bagi dunia luar untuk mengenai kasus penyusunan strategi komunikasi dalam perayaan sebuah special event. Dari hasil penelitian ini yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penentuan strategi komunikasi dalam mengadakan sebuah special event tidak terlepas dari konsep strategi komunikasi. Kemampuan tim kreatif sebagai pelaksana dalam merancang kegiatan dari tahap perencanaan pelaksanaan perayaan special event. Penyusunan strategi komunikasi special event melalui sebuah alur dari melakukan rapat dengan para pihak steering organization yang merupakan panitia HUT kota Yogyakarta yang berisi mengenai pembentukan kepanitiaan untuk melaksanakan perayaan event Jogja Java Carnival hingga perancangan strategi komunikasi yang akan digunakan. Sesudah strategi komunikasi special event dirancang, hal yang harus dipertimbangkan adalah pelaksanaan perayaan event Jogja Java Carnival agar strategi komunikasi yang sudah dirancang tersebut dapat sesuai tujuan yang ingin dicapai. Special event Jogja Java Carnival merupakan puncak perayaan dalam rangka HUT Kota Yogayakarta sekaligus merupakan sebuah icon event budaya Kota Yogyakarta, strategi komunikasi yang mendukung perayaan event Jogja Java Carnival digunakan karena banyaknya melibatkan beberapa komunitas sebagai audiens yang turut berpartisipasi sebagai pelaksan yang turut berkarya, sekaligus melakukan proses dalam perayaan event Jogja Java Carnival. Dalam menjadikannya sebagai icon event budaya Kota Yogyakarta, tim kreatif membuat parameter yang sebagai values yang mempresentasikan sebuah perayaan dengan berbasis kepada ART & CULTURE CARNIVAL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Special Event, Jogja Java Carnival, Kualitatif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:05
Last Modified: 12 Mar 2014 12:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item