LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI YOGYAKARTA

WIBOWO, CORNELIUS ARDIYANTO (2014) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA13179.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA13179.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA13179.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
3TA13179.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
4TA13179.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Text (Bab V)
5TA13179.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TA13179.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Saat ini, teknologi berkembang sangat pesat dan membuat manusia dapat mengakses informasi kemanapun. Media penyedia informasi merupakan hal yang sangat penting karena berperan sebagai akses untuk mendapatkan berbagai pengetahuan. Buku merupakan salah satu media penyedia informasi yang paling mudah kita peroleh. Yogyakarta sebagai kota pelajar, tempat tujuan banyak orang menuntut ilmu tentu saja memberi peluang untuk berkembangnya media penyedia informasi. Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang seseorang. Menumbuhkan minat baca anak pada masa keemasan merupakan langkah yang tepat, karena akan memberikan persiapan yang matang bagi anak untuk menghadapi masa-masa selanjutnya menuju dewasa. Perpustakaan anak merupakan sarana yang tepat sebagai salah satu faktor pendukung yang penting untuk mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas anak melalui minat baca. Pembelajaran pada perpustakaan anak akan sangat bemakna apabila tetap memperhatikan karakteristik anak. Kemampuan dan minat bermain pada anak meliputi kemampuan kognitif (kemampuan berpikir dan mengamati), kemampuan afektif (kemampuan berbahasa dan bersosialisasi), dan kemampuan motorik (gerak). Untuk mendukung pemenuhan hal tersebut dapat diwujudkan dengan penciptaan suasana imajinatif, komunikatif, dan rekreatif pada bangunan perpustakaan anak. Arsitektur kontemporer sebagai salah satu aliran arsitektur diartikan sebagai suatu karya arsitektur yang lebih maju, variatif, fleksibel dan inovatif, baik secara bentuk maupun tampilan, jenis material, pengolahan material, maupun teknologi yang dipakai dan menampilkan gaya yang lebih baru. Karakter dari arsitektur kontemporer akan sangat menunjang untuk penciptaan suasana imajinatif, komunikatif, dan rekreatif pada bangunan perpustakaan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan anak, kemampuan perkembangan anak, imajinatif, komunikatif, rekreatif, arsitektur kontemporer
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2014 09:27
Last Modified: 30 Apr 2014 09:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item