PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE KUIS MULTIPLAYER TENTANG BUDAYA INDONESIA MEMANFAATKAN BLUETOOTH DAN NEAR FIELD COMMUNICATION

Septianto, Felix Wisnu (2013) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE KUIS MULTIPLAYER TENTANG BUDAYA INDONESIA MEMANFAATKAN BLUETOOTH DAN NEAR FIELD COMMUNICATION. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF05814.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF05814.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF05814.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
3TF05814.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
4TF05814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (Bab V)
5TF05814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TF05814.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Aplikasi mobile kuis multiplayer tentang budaya Indonesia memanfaatkan bluetooth dan near field communication (selanjutnya disebut INCUQU) adalah aplikasi mobile yang digunakan untuk memberikan informasi sekaligus wawasan dan pengetahuan tentang kebudayaan yang ada di Indonesia, sekaligus aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran tentang budaya dan pariwisata yang ada di Indonesia. Aplikasi ini dibuat berbasis Windows Phone 8 dengan tool pembangunan Microsoft Visual Studio 2012 yang berbasis bahasa pemrograman C#. Pada aplikasi ini melibatkan aspek-aspek multimedia seperti gambar, teks, suara dan video, dengan melibatkan aspek multimedia penyampaian informasi pada aplikasi ini lebih menarik dan interaktif. Fitur-fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini adalah dapat dimainkan secara singleplayer maupun multiplayer dengan memanfaatkan bluetooth dan near field communication (NFC), menampilkan skor tertinggi maupun peringkat, mengunggah skor, mengirim pesan, login dan fitur berbagi ke sosial media yaitu skor yang didapatkan pengguna dapat dikirim ke sosial media dalam berupa status. Dari survei yang dilakukan penulis terhadap 33 responden yang terdiri dari dari 30 pria dan 3 wanita, dengan rentang usia 19 sampai 30 tahun, dengan 26 orang mempunyai profesi sebagai mahasiswa dan 7 orang karyawan, 79,8% menyatakan aplikasi mempunyai tampilan yang bagus, 68,5% menyatakan aplikasi mudah untuk digunakan, 75,7% menyatakan aplikasi nyaman untuk digunakan, 75,7% menyatakan puas dalam menggunakan aplikasi, 99% merasa mendapatkan feedback yang baik dari penggunaan aplikasi dan 69,6% menyatakan aplikasi sudah bagus bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kuis, Budaya, Indonesia, Windows Phone 8, Mobile, Bluetooth, NFC
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 May 2014 12:14
Last Modified: 30 May 2014 12:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item