PENGARUH KOMUNITAS MEREK PADA LOYALITAS PENGGEMAR: STUDI PADA KOMUNITAS PENGGEMAR GRUP BAND SHEILA ON 7

PRANATASARI, FRANSISCA DESIANA (2014) PENGARUH KOMUNITAS MEREK PADA LOYALITAS PENGGEMAR: STUDI PADA KOMUNITAS PENGGEMAR GRUP BAND SHEILA ON 7. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0MM01772.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1MM01772.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2MM01772.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3MM01772.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01772.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5MM01772.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh komunitas merek terhadap loyalitas penggemar yang dilakukan pada komunitas penggemar grup band Sheila on 7. penelitian ini juga akan menguji perbedaan persepsi penggemar ditinjau dari jenis kelamin dan usia. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karakteristik komunitas merek yaitu kesadaran jenis, ritual dan tradisi, serta tanggungjawab moral terhadap loyalitas penggemar. penelitian ini mengadopsi penelitian yang dilakukan oleh Muniz dan O’Guinn (2001) dalam riset kualitatifnya. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menyebarkan kuisioner. Responden yang berhasil didapatkan peneliti sejumlah 159 penggemar yang terdiri dari 93 laki-laki dan 66 perempuan. Hasil analisis regresi yang dilakukan peneliti mendapatkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel kesadaran jenis, ritual dan tradisi, serta tanggungjawab moral terhadap loyalitas. Dengan menggunakan independent sample t-test peneliti mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi variabel kesadaran jenis, ritual dan tradisi, tanggungjawab moral, serta loyalitas ditinjau dari jenis kelamin. Dengan menggunakan uji anova, peneliti mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan variabel kesadaran jenis dan tanggungjawab moral ditinjau dari usia dan sebaliknya terdapat perbedaan variabel ritual dan tradisi serta tanggungjawab moral ditinjau dari usia. Dengan demikian pengelolaan komunitas merek yang baik perlu dilakukan oleh semua managemen sebuah grup band agar penggemar tetap setia mengikuti perkembangan grup band tersebut dan melakukan konsumsi terhadap produknya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: merek, komunitas merek, loyalitas
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jun 2014 13:23
Last Modified: 12 Jun 2014 13:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item