Juisan, Erwin (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAILY DEALS (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Mbakdiskon dalam Memasarkan Kupon Diskon Merchant- Merchant di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03007.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03007.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03007.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03007.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03007.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mbakdiskon merupakan salah satu model bisnis baru yang menjual kupon diskon para merchant yang berdomisili di Yogyakarta kepada calon pembeli melalui situs Mbakdiskon.com. Para merchant yang ingin menggunakan situs ini untuk mempromosikan kupon diskon mereka menjadi klien dari Mbakdiskon, dan para pembeli kupon diskon dari situs Mbakdiskon.com menjadi konsumen (user) dari Mbakdiskon. Layanan menjual kupon diskon ini lebih dikenal dengan nama daily deals / group buying / group purchase. Bisnis daily deals adalah layanan yang memberikan penawaran terhadap sebuah barang dibawah harga normalnya, biasanya berupa diskon dan User (konsumen akhir) bisa melakukan penawaran atas harga yang ditawarkan. Layanan seperti ini memang berperan menjembatani perusahaan yang ingin berpromosi dengan para pengguna internet yang gemar berburu potongan harga murah. Ulasan pada penelitian ini berfokus pada bagaimana cara Mbakdiskon memasarkan kupon diskon tersebut. Kupon diskon sendiri hanyalah sebuah alat bantu dalam sales promotion yang berfungsi untuk mensupport produk yang dijual kepada konsumen dengan cara memberikan rangsangan berupa potongan harga (diskon), tetapi dalam hal ini justru diperjualbelikan sebagai sebuah produk / barang dagangan. Aspek ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif guna memaparkan hasil temuan data yang ditemukan di lapangan yang dikaitkan dengan teori-teori yang digunakan untuk menganalisisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dilengkapi dengan triangulasi data untuk kepentingan keabsahan data temuan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa terdapat relevansi antara teori yang digunakan oleh peneliti dengan hasil temuan data. Penggunaan strategi yang dilakukan oleh Mbakdiskon merupakan gabungan / kombinasi dari teori-teori yang dipakai. dalam menjalankan bisnis daily deals ini sangat dibutuhkan koneksi online, karena kebanyakan bisnis ini berbasis online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi pemasaran, daily deals, kupon diskon |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 12:41 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/528 |
Actions (login required)
View Item |