PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI CORPORATE IDENTITY DI GERAI YOGYATOURIUM DAGADU DJOKDJA (Studi Kasus Corporate Identity Pada Gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja)

PUTERA, REYNARDUS ASMARA DANANJAYA (2014) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI CORPORATE IDENTITY DI GERAI YOGYATOURIUM DAGADU DJOKDJA (Studi Kasus Corporate Identity Pada Gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja). S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03867.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03867.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03867.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03867.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03867.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PT Aseli Dagadu Djokdja (Dagadu Djokdja) merupakan perusahaan yang memposisikan dirinya sebagai produk cinderamata alternatif khas Yogyakarta dengan slogan smart, smile, and Djokdja. PT Aseli Dagadu Djokdja memiliki beberapa gerai yang berada di wilayah Yogyakarta, salah satu gerai Dagadu Djokdja adalah gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja yang merupakan gerai baru dan gerai utama Dagadu Djokdja. Gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja didesain oleh perusahaan sebagai gerai yang berbeda dengan gerai-gerai Dagadu Djokdja yang lain. Pada gerai tersebut, identitas Dagadu Djokdja akan diperlihatkan melalui corporate identity. Berkaitan dengan hal tersebut Dagadu Djokdja merancang perencanaan corporate identity terhadap gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja, yang kemudian dari perencanaan corporate identity yang sudah dirancang tersebut diimplementasikan pada tindakan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode in-depth interview (wawancara mendalam) untuk mengumpulkan data. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan wawancara mendalam dengan empat orang narasumber dari Dagadu Djokdja terkait corporate identity yang ada di gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja. Wawancara dilakukan kepada direkur, General Manager (GM), Marketing Communications, HRD, dan Bagian Kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi corporate identity di gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja masih belum 100% berjalan sesuai dengan perencanaan awal perusahaan. Elemen corporate identity yang masih belum berjalan adalah symbolism yang terlihat pada fungsi ruangan pada bangunan gerai. Beberapa fungsi ruangan yang ada di dalam gerai, implementasinya masih belum berjalan sesuai dengan perencanaan awal yaitu fungsi ruangan yang belum digunakan sesuai dengan fungsi sebenarnya sesuai dengan perencanaan awal. Hal tersebut dikarenakan gerai Yogyatourium Dagadu Djokdja masih pada pembangunan tahap I sehingga fungsi-fungsi dalam perencanaan masih digunakan sebagai fngsi gerai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Corporate Identity, Perencanaan, dan Implementasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2014 10:44
Last Modified: 18 Jun 2014 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5288

Actions (login required)

View Item View Item