STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Kelompok Swadaya Wanita Di Yayasan Sosial Bina Sejahtera Cilacap)

Visnu, Desy Sylvia Indra (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Kelompok Swadaya Wanita Di Yayasan Sosial Bina Sejahtera Cilacap). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03734.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03734.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03734.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat khususnya kaum wanita yang masuk ke dalam Kelompok Swadaya Wanita (KSW) dalam sebuah Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) di kota Cilacap. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan akan strategi komunikasi seperti apa yang dibuat oleh Tim KSW sehingga program pemberdayaan masyarakat ini dapat terjalin, terwujud, dan bahkan merubah perilaku masyarakat menuju masa depan yang lebih cerah. Perencanaan komunikasi (communication planning) merupakan proses penyusunan konsep komunikasi yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mencapai tujuan atau maksud tertentu. Paduan perencanaan dan manajemen komunikasi ini menciptakan strategi komunikasi yang kuat secara konseptual dan operasional, sehingga membuat organisasi lebih siap menghadapi tantangan perubahan lingkungan. Pemberdayaan dalam penelitian ini masuk ke dalam ranah komunikasi dan lebih fokus ke dalam perubahan perilaku masyarakat di dalam sebuah komunitas. Pemberdayaan masyarakat secara perlahan dan dilakukan sedini mungkin diharap menunjukkan dampak positif bagi masyarakat desa yang memang memiliki niat untuk bergerak maju. Dikhususkan lebih bagi kaum wanita, karena dirasa bahwa pekerjaan yang bisa dilakukan atau dikerjakan oleh kaum hawa hanyalah berpenghasilan minim dan tidak bisa diandalkan untuk pembiayaan hidup. Maka, YSBS dengan tim KSW sedemikian berupaya untuk membantu memajukan masyarakat desa dengan adanya bantuan yang dimanfaatkan lebih kepada kaum hawa di banyak tempat yang mengikuti program ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jun 2014 09:30
Last Modified: 27 Jun 2014 09:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item