Rosa, Maria De Fatima Peregrina De Sousa (2014) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PARKIR PADA BADAN JALAN (Studi Kasus Jl. José Maria Marques, Dili). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS12895.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
1TS12895.pdf Download (433kB) |
|
Text (Bab II)
2TS12895.pdf Download (130kB) |
|
Text (Bab III)
3TS12895.pdf Download (167kB) |
|
Text (Bab iV)
4TS12895.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text (Bab V)
5TS12895.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text (Bab VI)
6TS12895.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penyebab kemacetan di ruas Jalan José Maria Marques Dili adalah pengaruh hambatan samping, seperti kegiatan perparkiran pada badan jalan, aktivitas perdagangan dan pejalan kaki. Penelitian ini dilatarbelakangi kemacetan yang diakibat kegiatan parkir kendaraan pada badan jalan di daerah pertokoan dan perkantoran di Jalan José Maria Marques Dili. Jalan José Maria Marques seharusnya di peruntukkan bagi kelancaran arus lalu lintas, tetapi pada kenyataannya di ruas jalan ini terjadi pengurangan lebar jalur lalu lintas efektif akibat perijinan aktivitas parkir pada badan jalan (on street parking). Akibat adanya permasalahn tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari parkir pada badan jalan terhadap kapasitas ruas jalan. Pengambilan data lapangan berupa data volume lalu lintas, data waktu tempuh, data hambatan samping dan data parkir yang dilaksanakan selama 3 hari selama 12 jam yaitu 04 November 2013, 08 November 2013 dan 10 November 2013. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis data lapangan tingkat pelayanan jalan pada hari Senin, 04 November pukul 09.15 - 10.15 OTL dan 15.00 - 16.00 OTL kinerja ruas jalan buruk dengan nilai tingkat pelayanan F dan C. Hari Jumat, 08 November 2013 tingkat pelayanan jalan tidak jauh beda dengan hari Senin, pukul 09.30 - 10.30 OTL dan 15.30 - 16.30 OTL, nilai tingkat pelayanan E dan C. Hari Minggu 10 November 2013 pukul 09.00 - 10.00 OTL dan 15.00 - 16.00 OTL memiliki nilai tingkat pelayanan C. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa parkir pada badan jalan mengakibatkan tingkat pelayanan ruas jalan menjadi buruk dan berdampak pada kinerja ruas jalan. Berdasarkan analisis dengan menggunakan MKJI 1997, faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah parkir dan kendaraan berhenti pada badan jalan. Dengan menghilangkan faktor hambatan samping yaitu parkir dan kendaraan berhenti, tingkat pelayanan jalan pada hari kerja yaitu hari Senin dan Jumat di jam puncak berada pada nilai C, B, C, dan B serta hari Minggu nilai tingkat pelayanan berada pada nilai B untuk jam pagi dan sore.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume lalu lintas, kecepatan, parkir, derajat kejenuhan tingkat pelayanan. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Jul 2014 11:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2014 11:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |