TANGGAPAN GENERASI MUDA ETNIS TIONGHOA TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI KAMPANYE CALON LEGISLATIF DARI ETNIS TIONGHOA DALAM PEMILU 2014 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Implementasi Strategi Kampanye Calon Legislatif dari Etnis Tionghoa dalam Pemilu 2014 di Kota Surakarta)

VIRGIANI, HILDA (2014) TANGGAPAN GENERASI MUDA ETNIS TIONGHOA TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI KAMPANYE CALON LEGISLATIF DARI ETNIS TIONGHOA DALAM PEMILU 2014 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Implementasi Strategi Kampanye Calon Legislatif dari Etnis Tionghoa dalam Pemilu 2014 di Kota Surakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004017.pdf

Download (790kB)
[img] Text (Bab I)
KOM104017.pdf

Download (716kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204017.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404017.pdf

Download (677kB)

Abstract

Dewasa ini, etnis Tionghoa mulai banyak masuk dalam dunia politik. Hal ini menjadi menarik karena beberapa tahun silam terjadi sebuah tragedi 1998 yang merugikan masyarakat etnis Tionghoa hingga membuat masyarakat etnis Tionghoa anti dalam dunia politik. Tanggapan masyarakat etnis Tionghoa terhadap kampanye dalam dunia politik menjadi penting karenanya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tanggapan generasi muda etnis Tionghoa terhadap implementasi strategi kampanye calon legislative dari etnis Tionghoa dalam pemilu 2014. Penelitian ini menggunakan model komunikasi Lasswell yang menjadi dasar teori, kemudian dikaitkan tanggapan komunikan yakni dengan teori efek komunikasi di mana ada tiga komponen kognitif, afektif dan konatif. Tanggapan tersebut mengarah pada komponen implementasi strategi kampanye yakni fokus tujuan, sasaran komunikan serta cara-cara untuk mencapai tujuan. Semua hal itu dikaitkan dengan ciri-ciri kelompok minoritas, prasangka dan stereotip. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan yang digunakan yaitu tujuh, meliputi tiga calon legislatif etnis Tionghoa dan empat generasi muda etnis Tionghoa yang memiliki jenis kelamin berbeda di masingmasing daerah pemilihan. Generasi muda etnis Tionghoa rata-rata tidak menyukai politik, sehingga untuk mengakses informasi pun tidak tertarik. Generasi muda etnis Tionghoa tidak menyukai politik karena sejarah tragedi 1998 yang pernah dialami oleh kerabat, pengalaman diskriminasi, serta banyaknya masalah yang muncul dalam dunia politik. Generasi muda tidak banyak mengetahui implementasi strategi kampanye caleg etnis Tionghoa karena selain tidak suka dengan politik, ternyata caleg etnis Tionghoa itu sendiri tidak memiliki segmen yang ditujukan kepada generasi muda

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan generasi muda etnis Tionghoa, implementasi strategi kampanye, calon legislatif etnis Tionghoa.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2014 11:30
Last Modified: 01 Sep 2014 11:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item