BRAND BUILDING PADA HOME INDUSTRY DI MAGELANG (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Brand Building Menurut Duane Knapp pada Harmoni Brownies)

NUGRAHA, JULIUS BENNY PATERA (2014) BRAND BUILDING PADA HOME INDUSTRY DI MAGELANG (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Brand Building Menurut Duane Knapp pada Harmoni Brownies). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003709.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
KOM103709.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203709.pdf

Download (291kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403709.pdf

Download (207kB)

Abstract

Brownies merupakan camilan ringan yang sudah dikenal di masyarakat. Berbagai produsen brownies muncul menawarkan produk brownies yang berbeda atau khas. Harmoni Brownies merupakan merek brownies yang menawarkan brownies yang berbeda dengan brownies yang lainnya. Penelitian ini menggunakan konsep teori doktrin brand strategy milik Duane Knapp. Teori ini menekankan pada proses brand building yang meliputi brand assessment, brand promise, brand blueprint, brand culturalization dan brand advantage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi brand building yang dilakukan oleh Harmoni Brownies sebagai sebuah home industry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan obyek penelitian secara mendalam dengan pengumpulan data yang juga dilakukan secara mendalam. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Wawancara dilakukan dengan pemilik Harmoni Brownies untuk mengetahui perkembangan merek dan strategi yang digunakan oleh Harmoni Brownies. Wawancara juga dilakukan dengan pedagang perantara dan konsumen Harmoni Brownies untuk membandingkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses membangun merek oleh Harmoni Brownies ini telah menggunakan berbagai media promosi. Mediamedia tersebut merupakan strategi Harmoni Brownies untuk mempertahankan minat beli konsumennya. Produk yang dibuat pun memiliki kekhasan sehingga konsumen mengenal merek ini karena keunikan dan kualitas produknya. Didukung oleh berbagai event atau pameran serta media promosi tersebut, Harmoni Brownies berusaha membangun merek ini agar lebih dikenal. Harmoni Brownies belum memiliki sebuah strategi terstruktur atau rencana yang sistematis. Adanya ketidakkonsistenan dalam melakukan sebuah tahapan brand building seperti dalam hal desain grafis untuk media promosi. Saran bagi Harmoni Brownies perlu lebih dikembangkan untuk pengenalan merek secara merata. Pengenalan merek melalui media sosial dan beriklan di majalah marketing dapat membantu merek dikenal lebih luas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand, implementasi brand building, doktrin brand strategy
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jan 2015 10:31
Last Modified: 05 Jan 2015 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item