PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SEPATU OLAHRAGA (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepatu Olahraga New Balance di Kalangan Mahasiswa Yogyakarta)

KETTO, PASKALIS FERDINAN BEREKET (2014) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SEPATU OLAHRAGA (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepatu Olahraga New Balance di Kalangan Mahasiswa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004015.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
KOM104015.pdf

Download (578kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204015.pdf

Download (841kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404015.pdf

Download (462kB)

Abstract

New Balance merupakan sebuah merek sepatu yang berasal dari Amerika yang telah popular di dunia sejak tahun 1906. New Balance merupakan sebuah perusahaan yang menjadikan perusahaannya sebagai salah satu produsen sepatu olahraga ternama. Perusahaan New Balance selalu mempertahankan produknya dengan memaksimalkan desain bentuk, warna, kualitas, dan keunggulan produknya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk sepatu New Balance diproduksi kedalam empat kategori sepatu yaitu sepatu walking, running, sport, dan classics. Produk sepatu New Balance menjadi sebuah merek yang fenomenal terutama di Indonesia, sehingga produknya telah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat khusunya mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan menjadi sebuah deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam, sehingga mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam membeli produk sepatu New Balance. Proses pengambilan keputusan mahasiswa atau konsumen dalam membeli produk sepatu New Balance telah dipengaruhi oleh sumber informasi, pesan visual warna, bentuk, dan logo yang disampaikan dan ditampilkan pada produk sepatu New Balance, yang membuat mahasiswa tertarik akan pesan yang disampaikan dan membawa mahasiswa berada pada dua jalur yang berbeda yaitu jalur central dan jalur peripheral yang ada dalam teori komunikasi Elaboration Likelihood Model (ELM). Konsumen berada pada jalur central ketika konsumen mampu memproses dan mengevaluasi pesan atau informasi yang diterima, sehingga konsumen berada pada tahap pembelian produk dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaliknya konsumen berada pada jalur peripheral ketika konsumen melakukan pembelian pada produk sepatu New Balance hanya terpengaruh dari sisi visual warna dan bentuk bukan melalui sebuah pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga pada jalur ini konsumen akan sampai pada tahap pembelian dalam jangka waktu yang singkat. Kedua jalur tersebut juga berkaitan dengan tahap proses pengambilan keputusan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, mengevaluasi informasi, pembelian produk dan evaluasi produk. Pada tahap evaluasi produk, mahasiswa telah merasakan kepuasan dari segi kualitas sehingga mahasiswa melakukan pembelian ulang. Pada tahap pembelian pertama mahasiswa berada pada bentuk proses pengambilan keputusan luas dan pada tahap pembelian ulang mahasiswa berada pada bentuk proses pengambilan keputusan terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sepatu New Balance, pesan atau informasi, visual, elaboration likelihood model, keputusan pembelian.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jan 2015 08:45
Last Modified: 21 Jan 2015 08:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item