Representasi Mooi Indie (Hindia Molek) Dalam Iklan Pariwisata Indonesia (Analisis Semiotika Iklan Pariwisata Televisi (TVC) Versi Feeling Is Believing)

Stephanie, Rosalia Fergie (2014) Representasi Mooi Indie (Hindia Molek) Dalam Iklan Pariwisata Indonesia (Analisis Semiotika Iklan Pariwisata Televisi (TVC) Versi Feeling Is Believing). Jurnal Ilmu Komunikasi. p1-13.

[img] Text (Jurnal Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (806kB)

Abstract

Pencitraan bangsa Barat terhadap bangsa Timur di era kolonial masih berusaha dilanggengkan hingga saat ini di berbagai media, salah satunya iklan pariwisata. Indonesia, sebagai salah satu negara postkolonial juga memiliki citra warisan kolonial Barat yang masih melekat. Citra keindahan Timur secara geografis juga budaya disebut Mooi Indie. Pelanggengan citra dikotomis antara Barat-Timur menandakan bahwa relasi Barat dan Timur tidak dapat lepas dari ideologi orientalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap, menginterpretasi dan memahami bagaimana pencitraan Indonesia oleh para orientalis melalui praktik kebudayaan, yaitu iklan pariwisata. Dengan menggunakan pendekatan poskolonialisme, metode kualitatif, dan perangkat analisis semiotika tersingkap bahwa di dalam iklan pariwisata terdapat mitos-mitos oposisi biner yang memposisikan Indonesia sebagai obyek pandang (tourist gaze) bagi bangsa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan pariwisata merupakan upaya konstruksi identitas untuk melanggengkan Indonesia sebagai bangsa Mooi Indie pasca kolonial. Dalam sejumlah adegan Mooi Indie direpresentasikan melalui keindahan alam, kesederhanaan dan keramahan masyarakat desa, kedamaian dan ketenangan yang menandakan harmoni milik suatu kawasan wisata. Orientalisme menampilkan tindak petualangan atau penjelajahan sebagai representasi Mooi Indie. Orientalisme mengarahkan penonton Barat untuk menjadwalkan agenda wisata dalam rangka merasakan idealiasi Mooi Indie seperti dicitrakan oleh iklan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Representasi, Mooi Indie, poskolonialisme, Iklan pariwisata, oposisi biner, orientalisme
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2015 10:10
Last Modified: 22 Jan 2015 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6577

Actions (login required)

View Item View Item