Pengaruh Celebrity Endorser pada Faktor Afeksi, Faktor Kognitif, Tingkat Pendapatan, Tendensi Belanja, dan Nilai Produk dalam Pembelian Impulsif

NICHOLAS, . (2014) Pengaruh Celebrity Endorser pada Faktor Afeksi, Faktor Kognitif, Tingkat Pendapatan, Tendensi Belanja, dan Nilai Produk dalam Pembelian Impulsif. Jurnal Magister Manajemen. p.1-13.

[img] Text (Jurnal Magister Manajemen)
Jurnal MM01932.pdf

Download (985kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujikan kedalaman beberapa faktor yang berpengaruh pada pemilihan celebrity endorser, yaitu: kredibilitas, daya tarik, kecocokan antara citra dan nilai-nilai, dukungan tulus, dan keistimewaan pada faktor afeksi, faktor kognitif, tingkat pendapatan, tendensi belanja, dan nilai produk. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan celebrity endorser berpengaruh pada pembelian impulsif yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di DIY dimana respondennya adalah para mahasiswa yang berkuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana dibagikan kuesioner kepada 200 mahasiswa yang berkuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teknik pengambilan data menggunakan non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Teknik pengolahan data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser berupa kredibilitas, daya tarik, kecocokan antara citra dan nilai-nilai, dukungan tulus, dan keistimewaan secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan pada dimensi yang terdapat pada variabel pembelian impulsif. Dimensi-dimensi yang terdapat pada celebrity endorser memberikan pengaruh yang signifikan pada faktor afeksi, faktor kognitif, tingkat pendapatan,dan tendensi belanja. Akan tetapi pada dimensi kredibilitas pada celebrity endorser tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi dimensi nilai produk pada pembelian impulsif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: celebrity endorser, kredibilitas, daya tarik, kecocokan antara citra dan nilai-nilai, dukungan tulus, keistimewaan, faktor afeksi, faktor kognitif, tingkat pendapatan, tendensi belanja, nilai produk
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jan 2015 10:01
Last Modified: 27 Jan 2015 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item