ANALISIS UJI PEMBEBANAN PERKERASAN STRUKTUR KOMPOSIT DENGAN PENAMBAHAN PELAT BAJA DI DASAR LAPISAN BETON

PERDANA, RELIGIUS (2014) ANALISIS UJI PEMBEBANAN PERKERASAN STRUKTUR KOMPOSIT DENGAN PENAMBAHAN PELAT BAJA DI DASAR LAPISAN BETON. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS013670.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab I)
TS113670.pdf

Download (53kB)
[img] Text (Bab II)
TS213670.pdf

Download (55kB)
[img] Text (Bab III)
TS313670.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Bab IV)
TS413670.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (Bab V)
TS513670.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (Bab VI)
TS613670.pdf

Download (276kB)

Abstract

Ruas jalan yang memiliki rongga pada bagian bawahnya seperti selokan, jembatan, dan saluran air lain tidak luput dari kerusakan. Hal ini disebabkan oleh kendaraan yang melakukan pengereman dan berhenti di area tersebut. Beban yang bekerja saat kendaraan berhenti lebih besar daripada saat kendaraan tersebut berjalan. Hal ini semakin diperparah dengan curah hujan yang cukup tinggi. Maka diperlukan suatu alternatif perkerasan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan perkerasan komposit yang merupakan gabungan antara perkerasan kaku (rigid pavement) dengan lembaran pelat baja yang diletakkan di dalam perkerasan kaku. Pelat beton yang diuji berdimensi panjang x lebar x tebal sebesar 600 mm x 600 mm x 200 mm dibuat 4 buah benda uji. Seluruh benda uji berisi rangkaian baja tulangan berdiameter 8 mm, namun hanya dua benda uji yang ditambahkan pelat baja lembaran dengan dimensi panjang x lebar x tebal sebesar 500 mm x 500 mm x 2 mm. Pelat beton tanpa baja lembaran diberi kode PL1A dan PL1B, sedangkan pelat beton yang diberi baja lembaran diberi kode PL2A dan PL2B. Hasil yang diperoleh adalah beban pada retak pertama PL1A, PL1B, PL2A, dan PL2B secara berurutan adalah 12056 kg, 8053 kg, 14391 kg, dan 18061 kg. Peningkatan kapasitas beban rerata adalah sebesar 61,38%. Ditinjau dari defleksi pada retak pertama, secara berurutan adalah 1,09 mm, 0,88 mm, 1,52 mm, dan 1,01 mm. Peningkatan defleksi rerata pada retak pertama sebesar 28,43%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perkerasan komposit, pelat baja lembaran, pelat beton, pembebanan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2015 09:23
Last Modified: 10 Feb 2015 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item