REVIEW MASTER PLAN BANDAR UDARA RAR GWAMAR DOBO KABUPATEN KEPULAUAN ARU, MALUKU

RUPIASA, EDISON BALTASAR (2014) REVIEW MASTER PLAN BANDAR UDARA RAR GWAMAR DOBO KABUPATEN KEPULAUAN ARU, MALUKU. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS013142.pdf

Download (236kB)
[img] Text (Bab I)
TS113142.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Bab II)
TS213142.pdf

Download (177kB)
[img] Text (Bab III)
TS313142.pdf

Download (317kB)
[img] Text (Bab IV)
TS413142.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (Bab V)
TS513142.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TS613142.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kabupaten Kepulauan Aru yang mempunyai ibukota di Dobo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku. Kabupaten Kepulauan Aru memiliki sumber daya alam yang melimpah, potensi sebagai kota perdagangan dan jasa, serta peningkatan jumlah penumpang yang signifikan setiap tahunnya membuat Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku harus memiliki prasarana yang mampu mengakomodasi perkembangan kota di masa yang akan datang. Bandar udara sebagai salah satu prasarana transportasi menjadi hal yang penting dalam menunjang perkembangan Kota Dobo khususnya dan Kabupaten Kepulauan Aru umumnya di masa yang akan datang. Penulis meninjau dan merancang kembali master plan yang ada pada Bandar Udara Rar Gwamar Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang mampu melayani pesawat penumpang di masa yang akan datang dalam hal ini jenis pesawat yang dipilih adalah Boeing 737-300, karena jenis pesawat ini adalah jenis pesawat yang paling sering digunakan oleh maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah timur Indonesia. Perencanaan penumpang masa yang akan datang menggunakan metode trendline dimana perencanaan di batasi pada perencanaan jangka menengah (10 tahun). Perancangan master plan ini meliputi perancangan air side (runway, taxiway, apron) dan land side (terminal dan fasilitas pendukung) sesuai ketentuan dalam ICAO (International Civil Aviation Organization) Annex-14 Aerodromes dan berdasarkan karakteristik pesawat rencana. Berdasarkan hasil analisis dan perancangan yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan bahwa panjang runway adalah 2300 meter dengan lebar 45 meter, panjang taxiway adalah 75 meter dengan lebar 18 meter, panjang apron adalah 140 meter dengan lebar 80 meter, dan luas terminal penumpang 3872 m2, untuk dapat mengakomodasi pesawat jenis Boeing 737-300.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Master Plan, Dobo, Bandar Udara, Boeing 737-300, Runway, Taxiway, Apron, Terminal
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2015 12:32
Last Modified: 10 Feb 2015 12:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item